Dongkrak Perekonomian Daerah, Polres, Kodim 0913/PPU dan Kejari Gelar Bazar Ramadan Bagi Pelaku UMKM Lokal

by -221 Views

BERITAPENAJAM, – Dalam menyambut bulan suci ramadhan dan turut menyemarakkan bulan puasa 2023 di Penajam Paser Utara (PPU), tiga instansi vertikal menggelar bazar Ramadan. Mengusung tema BUKBER (Belanja UMKM, Berkah Ramadan), Polres PPU, Kodim 0913/PPU dan Kejari PPU

 

Tentunya hal ini merupakan inisiasi briliant betapa tidak, kondisi daerah yang saat ini sedang melakukan pemulihan ekonom pasca pandemi dua tahun lalu. Membuat aktifitas masyarakat semakin lebar melakukan ekspansi dalam usaha mikronya.

 

 

Kurang dari sepekan ini. Seiring menyambut momen tersebut, kegiatan ini diharapkan turut memberikan suasana khas Ramadan serta menumbuhkan perekonomian daerah.

 

Kapolres PPU, AKBP Hendrik Eka Bahlawan menuturkan sengaja memanfaatkan momentum ini untuk menggelar sebuah pusat perekonomian. Pihaknya sadar bahwa keterlibatan UMKM di PPU memiliki potensi untuk mendongkrak perekonomian.

 

“BUKBER ini Kami selenggarakan untuk membuka peluang bagi pelaku UMKM dapat bisa berkontribusi dalam percepatan pertumbuhan ekonomi daerah. Karena adanya bazar Ramadan ini, turut memberikan dampak perputaran uang positif di lingkungan masyarakat,” jelasnya, Jumat, (17/3/2023).

 

Bazar Ramadan ini diadakan di samping Masjid Agung Al-Ikhlas Penajam, Kilometer 9 Nipah-Nipah. Dimulai sejak puasa pertama 22 Maret 2023 selama sebulan penuh.

 

Dalam kegiatan ini ada sekira puluhan tenan yang bakal tersedia. Menjajakkan berbagai produk mulai takjil, minuman hingga busana muslim pelaku UMKM lokal.

 

“Kita harus bantu UMKM di PPU ini. Jadi stand yang Kami sediakan ini gratis. Kami berharap warga yang sedang menjalankan ibadah berpuasa juga dapat terbantu dengan adanya bazar ini,” jelas Hendrik.

 

Senada, Kejari PPU Agus Chandra menambahkan adanya kegiatan ini juga dapat memicu iklim investasi yang baik. Dengan baiknya situasi itu, akan memancing para investor untuk menanamkan modalnya di PPU.

 

“Kegiatan ini juga salah satu bukti bahwa situasi perekonomian yang sehat. Termasuk menunjukkan potensi berinvestasi di PPU seiring pemindahan IKN (Ibu Kota Nusantara),” terangnya.

 

Selain stan UMKM, dalam Bazar Ramadan BUKBER ini juga terdapat berbagai konten hiburan musik religi dan kajian islami untuk menemani waktu berbuka. Tak hanya itu, penyelenggara juga mengadakan lomba foto Instagram berhadiah uang THR bagi para pengunjung.

 

Lebih lanjut, Dandim Letkol Inf Arfan Affandi menambahan selain menyediakan wadah jual-beli untuk masyarakat, momentum ini juga dapat dimanfaatkan untuk berbagi kebaikan terhadap sesama. “Di bulan yang baik ini, tentu Kita berlomba-lomba untuk melakukan kebaikan. Seperti berbelanja di UMKM lokal, itu juga termasuk berbagi berkah Ramdan,” tutupnya. (*)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.