Tempati Gedung Baru, Minat Baca Warga PPU Meningkat

by -231 Views

BERITAPENAJAM – Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Penajam Paser Utara (PPU) membawa dampak yang cukup positif khususnya bagi dunia literasi.

Sejak resmi dimanfaatkan pada Maret lalu, jumlah masyarakat yang berkunjung di Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan PPU meningkat dibanding dengan tahun sebelumnya.

Hal itu tentu membuat minat membaca bagi para siswa-siswi mulai dari TK, SD, SMP hingga SMA dan masyarakat umum meningkat.

Hal itu diungkapkan oleh Pelaksanaan Tugas (Plt) Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan PPU, M Yusuf Basra saat ditemui media ini di ruang kerjanya.

“Yang jelas pengukur minat baca, kalau dilihat dari indikator kunjungan ke Perpus ini meningkat dibanding tahun sebelumnya. Alhamdulillah sejak pindah gedung di sini meningkat,” ujar Yusuf Basra, Senin (21/11/2022).

Meski demikian, pihaknya terus melakukan upaya-upaya dalam rangka meningkatkan minat baca khususnya bagi pelajar dengan melaksanakan program perpustakaan keliling, program Pocadi (Pojok Baca Digital) di Taman Rozeline serta memberikan fasilitas perpustakaan yang memadai.

“Alhamdulillah tahun depan kita dapat DAK (dana alokasi khusus) untuk buku. Kemudian tahun ini kita juga dapat bantuan dari Perpusnas untuk pengadaan mabeler, seperti rak-raknya, monitor informasi, sound sistem termasuk kursi meja, untuk memperbaiki layanan kita, fasilitas pendukung untuk prasaran pelayanan,” ujarnya.

Berikut merupakan data jumlah pengunjung Perpus dari tahun 2019 hingga 2022. Pengunjung perpustakaan pada tahun 2019 sebanyak 1,212 orang, 2020 sejumlah 365 orang, 2021 sebanyak 273 orang dan di sepanjang 2022 sebanyak 3,433 orang. (bp1)

 

 

Penulis : Dian MS

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.