Sebanyak 60 Persen Koperasi Tidak Sehat di PPU

by -216 Views

BERITAPENAJAM.Net– Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop UKM) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) mencatat sebanyak 60 persen dari 243 koperasi yang ada di seluruh wilayah PPU itu tidak sehat.

Kepala Bidang Koperasi dan UKM Disperindagkop PPU Purwantara mengungkapkan, koperasi-koperasi tidak sehat tersebut terkendala dengan persoalan dari permodalan dan juga kepengurusan yang tidak aktif lagi.

“Kemarin saya sudah mengirimkan surat untuk masalah koperasi. Ternyata, setelah kita kirimkan ke 243 koperasi yang ada balasannya itu hanya 90 koperasi,” ujarnya, Jumat (8/6/2017).

Menurutnya, koperasi yang sehat salah satunya tiap tahun melakukan Rapat Anggota Tahunan (RAT). Dan hingga kini hanya 40 persen koperasi yang sudah melakukan RAT, yang artinya koperasi tersebut masih ada kegiatannya.

Ia mengungkapkan, banyak koperasi yang ada di PPU seharusnya dapat dibekukan. Tetapi dengan masih adanya koperasi yang bermasalah dengan pihak ke tiga membuat pihaknya terkendala untuk melakukan itu.

“Mereka masih punya hutang, tapi kita sudah mengirim surat ke Provinsi kemarin. Kita sudah sampaikan daftar yang aktif sekian yang tidak sekian,” terangnya.

Dirinya berharap koperasi tidak sehat yang ada di PPU dapat mengaktifkan kembali kegiatannya agar dapat berkembang sediakala.

“Harapan kita tiap tahunnya itu berkembang, bukan membekukan atau membubarkan. Jadi untuk koperasi yang  tidak aktif ini kalau bisa dihidupkan kembali,” pungkasnya.(Toy/*/nit)

 

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.