Wakil Gubernur Kaltim Serahkan Bantuan Alat Ke UMKM dan IKM di PPU

by -51 Views

BERITAPENAJAM- Para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM) di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) mendapat bantuan berupa alat dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Dinas Perindagkop dan UKM Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), memberikan bantuan tersebut dan diserahkan secara simbolis oleh Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi, didampingi Kepala Dinas Perindagkop dan UKM Kaltim Sa’duddin, serta Bupati PPU Hamdam.

“Anggaran bantuan ini merupakan berasal dari Dana Insentif Daerah (DID) Pemerintah Pusat untuk prestasi Kaltim, yang bisa menjaga inflasi terbaik se-Kalimantan,” ucap Hadi Mulyadi, Senin (13/2/2023).

Sementara itu, Kepala Dinas Perindagkop dan UKM Kaltim, Sa’duddin mengungkapkan pihak yang menerima bantuan alat tersebut, merupakan pelaku UMKM dan IKM, yang telah melakukan pelatihan serta pendampingan, namun belum tersentuh bantuan alat.

“Sasaran bantuan peralatan ini ditujukan kepada UMKM dan IKM yang telah melakukan pelatihan dan pendampingan serta yang belum mendapat sentuhan bantuan alat namun, usahanya sudah ada dan harapannya dengan alat ini terjadi peningkatan produksi, maupun menambah tenaga kerja,” ungkapnya.

Untuk Kabupaten PPU sendiri mendapatkan bantuan peralatan sebanyak 15 UMKM dengan 129 unit alat dan 14 IKM dengan jumlah alas sebanyak 21 unit.

Alat-alat tersebut berupa peralatan masak, pembuat kue/bakery, pengolahan hasil perikanan, pendingin, kopi, sablon, loundry dan pencucian kendaraan serta alat-alat untuk Industri Kecil Menengah lainnya.

Salah satu anggota Kelompok Usaha Bere-bere Kreatif yang berlokasi di Tanjung Tengah, Kecamatan Penajam Nursalim mengungkapkan, kelompoknya mendapatkan dua unit bantuan peralatan berupa alat oven pengering dan satu buah sealer.

“Untuk kelompok tani kami mendapat dua unit bantuan dari pemerintah, dan harapannya dengan adanya bantuan ini, kita bisa meningkatkan kualitas dan kapasitas produksinya,” ungkapnya.

 

Penulis: Adell

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.