Wakidi Dorong Pemkab PPU Lakukan Peremajaan Khusus Budidaya Tambak

by -48 Views

BERITAPENAJAM, – Ketua Komisi ll Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Wakidi menanggapi, hal mengenai percepatan revitalisasi sektor perikanan menuju Ibu Kota Negara (IKN).

“Kemarin sudah kita komunikasikan dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) agar dilaksanakan pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk dibagian tambak dilakukan peremajaan,” ucap Wakidi di Kantor DPRD PPU, Selasa (21/05/24).

Dikarenakan, kondisi sektor perikanan budiaya tambak ini cukup memprihatinkan seperti pencemaran sehingga dikategorikan tidak kondusif banyaknya sektor perkebunan yang mulai merambah.

“Contohnya saja udang yang dipelihara ditambak, itu umurnya masuk sekitar dua bulan saja sudah tidak kuat akan menyebabkan kematian,” bebernya.

Ia mengatakan, dampaknya sendiri telah terlihat, banyak tambak masyarakat tidak dikelola sehingga produktivitas tambak saat ini sangat rendah, maka dari itu segera dilakukan perbaikan tersebut.

“Contohnya di Desa Babulu Laut, banyak tambak yang tidak terisi hanya dipakai untuk usaha sango-sango atau rumput laut yang seharusnya isinya ikan,” ujarnya.

Pihaknya sendiri akan mendorong pemerintah agar memperdayakan Kelompok Pembudidayaan Ikan (Pokdakan) yang ada di Benuo Taka ini agar segera memperbaiki kondisi tambak.

“Kemudian untuk nelayan tangkap juga perlu perbaikan SDM, lalu alat tangkapnya segera diperbaiki karena nelayan di PPU ini masih minim,” pungkasnya. (Sam/Adv)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.