DPMD PPU Gandeng Pihak Akademis Dalam Tahapan Pemekaran Desa

by -40 Views
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Tita Deritayati, mengungkapkan progres pemekaran desa sampai dengan saat ini masih terus berjalan.

BERITAPENAJAM, – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Tita Deritayati, mengungkapkan progres pemekaran desa sampai dengan saat ini masih terus berjalan.

Tita mengatakan, pemerintah daerah akan melakukan perluasan Kecamatan, sebab, beralihnya Kecamatan Sepaku ke Ibu Kota Nusantara (IKN),
yang nantinya beriringan dengan pemekaran desa.

“Untuk saat ini pemekaran desa masih dalam proses, untuk kerja sama dengan pihak akademis jadi kita akan menggandeng semacam Perguruan tinggi untuk kerja sama,” ucapnya saat ditemui di kantor DPMD PPU Kamis (13/06/24).

Ia menyampaikan, sampai sekarang proses pemekaran desa masih dalam tahapan administrasi kerja sama, dengan perihal kajian mengenai pemekaran desa.

“Ya secepatnya kita akan menyelesaikan administrasi karena itu menjadi target kita juga, pekerjaan ini kan ada tahapannya,” tuturnya.

Lebih lanjut, didalam kajian tersebut berisi aturan yang ditentukan pastinya ada emulasi yang mengatur tentang pemekaran desa.

“Saya berharap, kalau memang menjadi kebutuhan, dan memang diperlukan untuk pemekaran desa, seharusnya memang harus kita dukung dan itu menjadi salah satu hal yang utama,” sambungnya

Adapun, desa yang berpotensi dimekarkan, menurutnya, dari tiga kecamatan yang ada di Kabupaten yang berjuluk Benuo Taka ini ada beberapa desa memiliki peluang untuk dipecah, tergantung syarat dan ketentuan.

“Pasti ada persyaratan yang harus ditentukan, apakah memenuhi syarat untuk dimekarkan atau tidak, nanti berdasarkan kajian,” pungkasnya.(Sam/Adv).

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.