Syahrudin Gelar Reses, Terima Aspirasi Warga Diperjuangkan

by -127 Views

BERITAPENAJAM, – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) melaksanakan reses masa persidangan II Tahun anggaran 2023. Reses yang dilaksanakan di kediamanya, Kecamatan Waru, PPU bertujuan untuk menyerap aspirasi masyarakat, Selasa (21/03/2023) malam.

Terlihat puluhan warga memadati lokasi reses Ketua DPRD Syahrudin M Noor diantaranya dihadiri , Kapolsek Waru AKP Muklas, Danramil Waru Kapten Iman Syafi’i, Kepala Desa Sesulu Rahman dan Lurah Waru Zul Fahmi.

Penangulangan banjir merupakan salah satu yang banyak diusulkan warga saat kegiatan reses. Infrastuktur jalan usaha tani dan juga mengenai penerangan jalan umum (PJU).

“Terkait banjir sudah kami usulkan di tingkat musrenbang tingkat Kecamatan. Bahkan itu usulannya adalah nomor yang tertinggi karena persoalan banjir ini urgent,” ungkap Syahrudin.

Selain itu warga juga mengusulkan pelatihan untuk peningkatan kualitas (Life Skill) Sumber Daya Manusia (SDM) dalam menghadapi IKN Nusantara, keluhan permasalahn sampah yang ada di Pasar Waru serta usulan tempat pelelangan ikan (TPI) hingga memunculkan kembali program rumah layak huni yang dulu disebut Rumah Pra Sejahtera.

Selain itu juga Lurah Waru Zul Fahmi, mengusulkan kembali rumah layak huni atau yang dulu disebut namanya rumah pra sejahtera.

” Rumah layak huni nantinya bagi masyarakat yang kurang mampu dan belum memiliki rumah,” kata Lurah Waru Zul Fahmi.

Dimoment yang sama, Kepala Desa Sesulu Rahman kembali mengusulkan renovasi dermaga sesulu, pasalnya sejak wilayah itu masih bagian dari Kabupaten Paser hingga Kabupaten PPU yang saat ini usianya sudah 21 tahun belum tersentuh pembangunan kembali.

“Mudah-mudahan ini bisa direalisasikan melalui pokir,” tutur melanjutkan.

Dan banyak infrastruktur pendukung jalan usaha tani lainnya seperti jalan pondok sungkai hingga saat ini belum tersentuh sejak dahulu silam.

” Mudah-mudahan bisa direalisasikan karena di situ banyak petani-petani memakai akses jalan itu,” beber Rahman.

Dari beberapa usulan tersebut, Ketua DPRD PPU Syahrudin M Noor mengatakan usulan warga yang paling krusial terkait persoalan banjir.

Lantaran, kejadian ini memang berulang kali masyarakat menyampaikan kepada DPRD. DPRD bersama Pemerintah Daerah PPU telah menggangarkan untuk tahun 2023 ini terkait permasalahan banjir tersebut.

“Mudah-mudahan tahun ini karena memang anggarannya sudah ada. Bersama TNI kita akan melakukan normalisasi sungai sesulu karena sungai itu dangkal. Kita juga akan buat kanal-kanal supaya tidak lagi menjadi langganan banjir setiap tahunnya,” bebernya kepada media ini.

Selain itu Syahrudin juga menegaskan persoalan Pasar Waru yang ada di Desa Sesulu perlu diselesaikan agar pasar tersebut bisa segera digunakan masyarakat yang menjadi kewenangan Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (KUKM Perindag) PPU.

“ Pasar yang ada saat ini sudah tidak layak dan sudah terlewat penuh bahkan banyak pedagan yang berjualan di pinggir jalan raya, selain itu sampah juga menjadi permasalahan,” tegas Syahrudin.

Dengan hadirnya IKN Nusantara di Kabupaten PPU yang saat ini sedang memasuki progres pembangunan Politisi Partai Demokrat ini juga dalam resenya memprioritaskan Life Skill SDM dan lewat kelompok akan diberikan pelatihan-pelatihan sesuai dengan bakat yang mereka miliki.

 

“Hadirnya IKN di PPU kita tidak boleh berpangku tangan, tetapi kita harus berusaha. Buatlah kelompok dan usulkan aspirasinya, saya siap menampung semua aspirasi masyarakat karena saya hadir di DPRD ingin membantu masyarakat,” pungkasnya. (ADV)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.