Dinas Pertanian PPU Ajak Perusahaan Berkontribusi Bagi Pengelola Budidaya Ikan Tawar

by -185 Views

BERITAPENAJAM – Sejumlah desa di Kecamatan Babulu, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menajadi daerah yang melaksanakan program Budidaya Ikan Air Tawar.

 

Salah satunya adalah desa Sebakung Jaya, desa ini telah ditetapkan sebagai kampung budidaya ikan air tawar oleh pemerintah daerah setempat.

 

Ada sebanyak 300 kolam budidaya ikan air tawar milik warga yang saat ini tengah dikelolah. Kolam-kolam itu di kelola oleh warga tepat di sekeliling rumah milik mereka.

 

Bahkan di desa itu ada beberapa kelompok tani mendapatkan bantuan dari PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT) dalam mengembangkan budidaya ikan air tawar.

 

Dalam upaya mengembangkan budidaya ikan air tawar di Kabupaten PPU, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten PPU, Andi Trasodiharto berencana akan mengajak perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Kabupaten PPU khususnya di Kecamatan Babulu untuk membantu dalam bentuk apapun bagi masyarakat dalam rangka meningkatkan produksi budidaya ikan air tawar.

 

“Kita akan minta kontribusinya untuk masyarakat sekitaranya dalam rnagka meningkatkan budidaya ikan air tawar. Gak perlu biaya, nanti masyarakat bisa diajak bersama-sama, kalau perlu diberi pelatihan,” ujar Andi, Rabu (3/1/2023).

 

Dilanjutkan Andi, untuk pelatihan budidaya air tawar sendiri, karena Desa Sebakung Jaya telah menjadi desa yang diberi bantuan berupa pelatihan-pelatihan dari PHKT. Nantinya mereka akan menjadi pelatih bagi masyarakat yang akan membudidayakan ikan air tawar.

 

“Ada kelompok yang telah dilatih oleh PHKT. Itu nanti kita terjunkan ikut melatih teman-teman yang lain, sebagai trainernya,” tuturnya.

 

 

Penulis : Dian

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.