Sujiati : Sayangkan Alih Fungsi Lahan, Berharap Bendung Telake Dilanjutkan

by -18 Views

BERITAPENAJAM, – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menyayangkan banyaknya petani di Kabupaten PPU khususnya Kecamatan Babulu alih fungsi lahan pertanian ke lahan perkebunan kelapa sawit.

Pernyataan tersebut di katakan Sekretaris Komisi II DPRD PPU Sujiati di Penajam.“Kami menyayangkan, tapi alih fungsi lahan memang sulit untuk dicegah selama pemerintah tidak dapat memenuhi keinginan para petani,” kata Sujiati. Kamis (14/03/2024)

Lanjut Sujiati, alih fungsi lahan disebabkan karena petani kesulitan air untuk pengairan sawah sehingga memutuskan menanam pohon kelapa sawit.

“Mereka menanam sawit karena memang tidak ada air, bagaimana mau tanam padi,” bebernya.

Kata dia, para petani di Kecamatan Babulu terpaksa harus melakukan alih fungsi lahan untuk memenuhi kebutuhan keluarganya.

“Berharap padi tidak ada air maka dari itu mereka menanam sawit. Kalau tidak seperti itu mereka mau makan apa,” tegasnya.

Sujiati berharap rencana pembangunan Bendung Sungai Telake di Kecamatan Longkali, Kabupaten Paser dilanjutkan.

Pasalnya tahun lalu rencana pembangunan sudah sempat bergulir, namun prosesnya dihentikan.

“Dulu sudah berproses tapi dialihkan ke IKN dengan alasan pasokan air di sana harus utama. Sekarang kan sudah selesai harusnya kembali utamakan,” pungkasnya. (ADV).

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.