Seluruh Desa di PPU Ikuti Pelatihan Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa

by -88 Views

BERITAPENAJAM– Sebanyak total 30 Desa yang ada di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) mengikuti kegiatan Workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa Tahun 2023, yang dilaksanakan di aula lantai I, Kantor Bupati PPU, Senin (22/5/2023).

 

Kegiatan pelatihan ini digelar oleh Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Kalimantan Timur (Kaltim), dan diikuti oleh Sejumlah Perangkat Desa yang ada di PPU.

 

Kepala Perwakilan BPKP Kaltim Hasoloan Manalu mengungkapkan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan akuntabilitas keuangan pembangunan di Desa-desa, khususnya di Kabupaten PPU.

 

“Terutama untuk dana desa yang sudah ada sejak tahun 2014 sampai dengan sekarang, tentu hal tersebut harus dikelola dengan baik, demi memberikan dampak yang bisa dinikmati masyarakat. Termasuk juga untuk penurunan sunting, dan kemiskinan yang ada di Desa,” ungkapnya.

 

Selain itu Kepala Bagian (Kabid) Pemerintahan Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten PPU Basri menambahkan pada dana desa yang diberikan terdapat kewajiban terkait penurunan angka stunting di setiap desa Kabupaten PPU.

 

“Program ini sudah ada sejak lama, sesuai dengan arahan Permendes dan hampir setiap tahun ada program stanting, itu juga salah satu bukti keseriusan Pemerintah Pusat menangani stanting. Ketika pencairan dana desa tahap kedua harus ada laporan stunting dari desa untuk menjadi syarat dan wajib,” kata dia. (ADV)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.