Pemkab PPU Gelar Upacara Peringatan Harkitnas Ke-115 

by -115 Views

BERITAPENAJAM– Memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-115 tahun 2023, Pemerintah Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) lakukan Upacara Peringatan di Halaman depan Kantor Bupati, Kilometer 9 Kelurahan Nipah-Nipah, Kabupaten PPU, Senin, (22/5/2023).

 

Dipimpin langsung oleh Bupati PPU Hamdam, membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika RI, ia mengatakan bahwa seratus lima belas tahun lalu, bara persatuan Indonesia sebagai negara mulai menyala.Hal ini ditandai dengan meleburnya berbagai gerakan perjuangan yang bersifat kedaerahan menjadi satu barisan yang utuh dengan didirikannya Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908.

 

Kemudian sejak saat itu, gerakan perjuangan Indonesia dengan gegap gempita bergerak maju mewujudkan Republik Indonesia (RI) sebagai negara yang satu, berdaulat, adil, dan makmur.

 

“Didirikan oleh dr. Soetomo bersama para mahasiswa School tot Opleiding van Indische Artsen (STOVIA), Boedi Oetomo berdiri untuk mendorong bangsa Indonesia mengejar ketertinggalannya dari bangsa lain di masa itu. Boedi Oetomo juga melandaskan dirinya untuk mengejar tiga tujuan yang menjadi cita-cita utama kebangkitan nasional, yakni memerdekakan cita-cita kemanusiaan, memajukan nusa dan bangsa, serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia,” ungkapnya.

 

Selain itu Barisan persatuan yang dibentuk oleh Boedi Oetomo merupakan suatu pemantik bagi kekuatan Indonesia dalam menghadapi berbagai tantangan di masa-masa yang sulit, maupun masa kemerdekaan.

 

“Saat ini di masa sekarang, di saat kemerdekaan telah kita raih, barisan perjuangan kita juga harus tetap rapat, erat, dan terus maju bergerak, mengobarkan api Semangat Untuk Bangkit, demi mewujudkan Indonesia Emas 2045,” kata dia.

 

Dan juga Harkitnas ini dimaknai dengan memperingati perjuangan bersama. Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah, sektor swasta, akademisi, pers, komunitas, dan seluruh elemen bangsa saling bahu membahu berkolaborasi menerapkan nilai-nilai persatuan juga kesatuan.

 

Menurut Data Badan Pusat Statistik (BPS) perekonomian Indonesia di tahun 2022 tercatat tumbuh 5,31% jauh meningkat dari pertumbuhan di tahun 2021 sebesar 3,70% dan bahkan melebihi capaian pertumbuhan sebelum masa pandemi di tahun 2019.

 

“Tentu saja kita berharap agar capaian-capaian ini dapat kita pertahankan dan terus tingkatkan. Selain merayakan berbagai capaian bangsa Indonesia, Hari Kebangkitan Nasional juga kita maknai dengan mensyukuri segala langkah kemajuan, perbaikan, atau bahkan pelajaran yang didapatkan dari perjuangan kita,” kata Hamdam

 

Pada kegiatan tersebut juga dihadiri oleh beberapa perwakilan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) PPU, Anggota DPRD Kabupaten PPU serta diikuti oleh ratusan peserta upacara baik dari Aparaur Sipil Negara (ASN) maupun Tenaga Harian Lepas (THL), di lingkungan Pemerintah Kabupaten PPU. (ADV)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.