Polres PPU Ikut Berkontribusi Dalam Pengamanan Wilayah Perairan 

by -127 Views

BERITAPENAJAM – Saat ini Polres Penajam Paser Utara (PPU) turut melakukan kontribusi untuk penjagaan lalu lintas di wilayah perairan teluk Balikpapan.

 

Kapolres PPU AKBP Hendrik Eka Bahalwan mengungkapkan Polres PPU telah berkomunikasi dengan dinas perhubungan serta Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP), untuk mengatur lalu lintas laut.

 

“Kita sudah melakukan komunikasi dengan Dinas Perhubungan dan KSOP untuk membuat sebuah strategi-strategi kebijakan atau aturan untuk mengatur lalu lintas laut,” ungkapnya, Sabtu (28/1/2023).

 

Selain upaya lain, dirinya beserta jajaran polres PPU juga memaksimalkan pemberdayaan satpolair, dan bekerja sama dengan Polda Kaltim serta Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal).

 

Selain itu Satpolair polres PPU juga diperkuat dengan penambahan materi personel dan beberapa kapal yang dimodifikasi untuk memaksimalkan pelayanan di perairan.

 

“Sampai saat ini belum ada kendala maupun gangguan yang ditemukan” ucap Hendrik.

 

Untuk itu, Dikatakannya konfigurasi alur kapal yang memasuki teluk Balikpapan, dimulai dari mendekati Semayang sampai pulau Balang merupakan wilayah Balikpapan, yang artinya saat kapal melintas, mereka berada di wilayah hukum Balikpapan.

 

Untuk wilayah perairan PPU sendiri tidak memiliki alur laut lintasan kapal, karena kedalam laut perairan PPU terlalu dangkal

 

“Jadi wilayah perairan PPU relatif lebih stabil dibanding Balikpapan,” tandasnya.

 

Reporter : Adel

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.