Pj Bupati PPU Gelar Press Release Pilkades di 14 Desa

by -102 Views

BERITAPENAJAM, – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak telah di gelar pada tanggal 29 Agustus 2023 lalu. Penjabat (Pj) Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Makmur Marbun menyampaikan dalam pers releasenya bahwa, pemerintah daerah bersyukur pelaksanaan  Pilkades serentak di wilayah Benuo Taka dapat berjalan dengan baik sesuai yang diharapan.

 

“ Alhamdulillah Pilkades serentak Tahun 2023 di Kabupaten PPU telah berjalan dengan baik dan lancar,” kata Makmur Marbun disela-sela penyampaian press release terkait pelaksanaan Pilkades serentak Tahun 2023 di kabupaten PPU, Senin, (6/11/2023).

 

Makmur Marburn mengungkapkan bahwa semua proses dan tahapan pelaksanaan Pilkades serentak di kabupaten PPU telah dilaksanakan dengan baik sesuai rencana, termasuk dengan telah dilakukannya seleksi langsung kepada sejumlah desa bagi peserta Pilkades yang lebih dari 5 calon, dimana seleksinya melibatkan langsung tim independen dari Universitas Indonesia (UI).

Hal itu sesuai dengan pasal 26 Perbup Nomor 15 tahun 2017 tentang Pedoman Tata Cara Pemilihan Kepala Desa.

 

” Ini yang pertama di PPU melibatkan langsung tim independen dari UI. Kami ingin seleksi calon kepala desa di PPU ini berjalan dengan baik, ” jelasnya.

 

Selain itu tambah dia, untuk suksesnya pilkades di PPU, Makmur Marbun mengatakan bahwa dirinya telah menugaskan langsung kepala dinas terkait untuk melakukan pendampingan dan dapat bertanggung jawab melaksanakan monitoring pelaksanaan pilkades di PPU.

 

“ Saya juga turun langsung ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk meyakinkan bahwa pelaksanaan pilkades di PPU berjalan dengan baik,” ucapnya.

 

Dalam kesempatan ini Makmur Marbun juga menyampaikan hasil pilkades serentak di PPU. Dari 14 desa peserta pilkades, 3 kepala desa incumbent atau pertahana tidak dapat ikut serta dengan sejumlah alasan.

 

Kemudian dari data yang dihimpun, menyatakan bahwa 11 incumbent dinyatakan gagal menjabat lagi sebagai kepala desa.

 

“ Pertanyaannya apa yang sebetulnya terjadi? Sementara mereka telah diberi ruang untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat, tapi kok tidak berhasil. Ini perlu dipahami sebabnya,” ujarnya.

 

Seperti diketahui, penyelenggaran pilkades serentak empat kecamatan di Kabupaten PPU dilaksanakan pada 29 Oktober 2023.

 

Dari pilkades ini, jumlah daftar pemilih tetap (DPT) dari 14 Desa yang tersebar di 4 kecamatan sebnyak 30.155 jiwa. Terdiri dari pemilih laki-laki 15.448 dan pemilih perempuan 14.634 jiwa dengan 60 TPS yang tersebar.

 

Kemudian dijadwalkan Pelantikan kepala desa terpilih ini akan dilaksanakan pada 11 Januari 2024 seiring dengan habisnya masa jabatan kades di 14 desa yang mengikuti pilkades serentak 2023 ini.

 

Kegiatan ini juga menghadirkan puluhan awak media baik cetak maupun elektronik di PPU. Tampak hadir dalam kegiatan ini, Sekretaris Daerah Kabupaten PPU, Tohar, Asisten i Bidang Pemerintahan dan Kesra, Sodikin, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Nicko Herlambang dan Asisten III Bidang Administerasi Umum, Ahmad Usman serta sejumlah pejabat terkait lainnya. (Humas/adv)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.