PT Pertamina Hulu Melaksanakan Pelatihan Public Speaking, bentuk Komitmen Perusahaan Dan Keterampil Masyarakat di Sekitarnya

by -45 Views

BERITAPENAJAM.NET – PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) menggelar pelatihan public speaking atau kemampuan berbicara di depan umum, bagi para local hero dan perwakilan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang berlangsung di Samarinda pada Senin, 4 Maret 2024. Kegiatan bertujuan meningkatkan kemampuan peserta dalam mempromosikan produk UMKM, program CSR binaan perusahaan, maupun kegiatan kemasyarakatan mereka ke lingkup yang lebih luas.

Head of Communication Relations & CID PHM Frans Alexander A. Hukom menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk komitmen perusahaan untuk terus berkontribusi terhadap upaya peningkatan kapasitas dan keterampilan masyarakat di sekitar wilayah operasinya.

“Para peserta merupakan para local hero yang menjafi penggerak berbagai program pengembangan masyarakat atau CSR PHM. Mereka telah memberikan kontribusi nyata dalam mendorong peningkatan kehidupan masyarakat dan lingkungan. Dengan peran penting mereka itu, kami ingin mengembangkan kemampuan para local hero dan juga Bumdes, dalam public speaking yang aplikatif, sehingga mendukung pengembangan dan promosi produk, program, maupun kegiatan mereka,” ungkap Frans.

PHM menghadirkan public speaking coach yang berpengalaman dan bersertifikasi, yakni Nino Budiyanto, sebagai narasumber dalam pelatihan yang mengangkat tema Impactful Public Speaking Skills ini. Kegiatan ini berjalan secara interaktif di mana para peserta berkesempatan berbagi impian, tantangan, dan harapan ke depan. Pelatih Nino memberikan sesi praktik dan kesempatan bagi para peserta untuk memeragakan produk-produk unggulan dari program atau kegiatan mereka.

Pelatihan public speaking ini diikuti 31 peserta, termasuk local hero dari sekitar wilayah operasi PT Pertamina EP (PEP) Sanga Sanga, PEP Sangatta dan PT Pertamina Hulu Sanga Sanga (PHSS), serta PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT) Daerah Operasi Bagian Selatan (DOBS), PHKT Daerah Operasi Bagian Utara (DOBU) dan PEP Bunyu. Salah seorang local hero hadir dari Pulau Bunyu yang merupakan salah satu wilayah terluar Indonesia.

Local hero adalah sebutan bagi tokoh penggerak masyarakat yang memiliki jiwa kepemimpinan, komitmen tinggi, gagasan dan karya inovatif dalam memberdayakan masyarakat dan menjaga lingkungan sekitar mereka. Local hero menjadi garda terdepan pelaksanaan program CSR dan giat mengampanyekan keunggulan program dan semangat keberlanjutan. Karena itu, keterampilan dalam berkomunikasi menjadi salah satu kemampuan yang perlu dimiliki oleh seorang local hero.

Alimin, salah seorang local hero PHM dari Desa Wisata Pela, sangat antusias mengikuti kegiatan pelatihan ini. Alimin merupakan Ketua Pokdarwis Desa Pela dan memiliki komitmen tinggi dalam memberdayakan masyarakat, mengelola potensi desa, dan melakukan kegiatan konservasi satwa Pesut Mahakam yang terancam punah. Desa Pela telah ditetapkan sebagai Member of The Best Tourism Village Upgrade Programme 2023 dari United Nation World Tourism Organization (UNWTO).

“Pelatihan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan komunikasi saya dan anggota Pokdarwis. Kami menjadi lebih mengerti bagaimana melakukan public speaking yang menarik. Materi yang diberikan juga sangat aplikatif dan akan membantu kami untuk terus memajukan Desa Wisata Pela,” ujar Alimin.

Di tempat terpisah, Manager Communication Relations & CID PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI) Dony Indrawan mengapresiasi semangat para peserta. “Semangat para local hero mendorong kami untuk terus berupaya menjangkau lebih banyak penerima manfaat dari program-program CSR kami melalui sosialisasi, kolaborasi, dan replikasi. Pelatihan ini akan meningkatkan keterampilan dan membantu mereka dalam menginspirasi anggota masyarakat lainnya dan mewujudkan kondisi yang lebih baik bagi masyarakat dan lingkungan sekitarnya,” imbuh Dony.

PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) merupakan anak perusahaan PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI) yang menjalankan pengelolaan operasi dan bisnis hulu migas sesuai prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) di Wilayah Kerja Mahakam di Kalimantan Timur. Melalui kerja sama dengan SKK Migas, PHM bersama  anak perusahaan dan afiliasi PHI lainnya menjalankan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan yang inovatif di bidang Ekonomi, Pendidikan, Kesehatan, Lingkungan, Infrastruktur dan Tanggap Bencana guna mendukung pemberdayaan masyarakat yang berkelanjutan dan pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). PHI berkantor pusat di Jakarta. Informasi lebih lanjut tentang PHI tersedia di https://phi.pertamina.com.

 

Sumber : Humas Pertamina Hulu Mahakam (PHM)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.