Bawaslu PPU Ajak Mahasiswa Gunadarma Berperan Awasi Pilkada 2024

by -27 Views
Bawaslu PPU gelar diskusi antar mahasiswa dapat menghasilkan kaloborasi.

BERITAPENAJAM, – Sejumlah mahasiswa Universitas Gunadarma melakukan kunjungan ke Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) untuk mendalami proses pengawasan Pilkada 2024. Kunjungan ini bertujuan untuk memahami lebih dalam mengenai mekanisme pengawasan yang dilakukan Bawaslu, khususnya dalam pemilihan kepala daerah yang akan datang.

Selain itu, mahasiswa juga ingin mengetahui bagaimana peran serta masyarakat, terutama mahasiswa, dapat dioptimalkan dalam proses pengawasan tersebut.

Bawaslu PPU menggelar diskusi antar mahasiswa dan diharapkan, dapat menghasilkan kaloborasi antara pengawasan formal Bawaslu dengan potensi kontribusi dari mahasiswa.

Saat diwawancarai Ketua Bawaslu PPU Mohammad Khazin mengatakan, agenda besar lainnya yang dibahas dalam kunjungan ini adalah pemanfaatan data pengawasan dan partisipasi masyarakat sebagai bahan kajian bagi mahasiswa Gunadarma.

Mohammad Khazin, berharap kolaborasi ini dapat menghasilkan rekomendasi yang berharga bagi Bawaslu dalam meningkatkan efektivitas pengawasan.

Proses demokrasi dalam pemilihan kepala daerah menjadi daya tarik tersendiri bagi mahasiswa Gunadarma, dalam mengkaji mata kuliah sosial dan politik, Mereka ingin melihat bagaimana materi perkuliahan dapat dihubungkan dengan praktik demokrasi yang sedang berlangsung.

“kolaborasi ini dapat memberikan manfaat bagi kedua belah pihak. Mahasiswa dapat memperoleh pengalaman praktis dalam pengawasan Pilkada, sementara Bawaslu dapat memperoleh masukan dan rekomendasi dari perspektif akademis,”ujar Mohammad Khazin, Kamis (11/07/2024).

Kunjungan ini menjadi bukti nyata komitmen mahasiswa Gunadarma dalam berkontribusi pada proses demokrasi di Indonesia. Diharapkan, kolaborasi antara mahasiswa dan Bawaslu dapat terus berlanjut dan menghasilkan dampak positif bagi penyelenggaraan pemilu yang lebih baik.

Kunjungan mahasiswa Gunadarma ke Bawaslu PPU diharapkan dapat menjadi contoh bagi mahasiswa lainnya untuk turut berperan aktif dalam mengawal proses demokrasi. (May/Bp3)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.