OIKN Kerjasama Dengan Perempuan Jenggala Gelar Bazar Murah Buat Masyarakat IKN

by -120 Views

BERITAPENAJAM.NET, – Untuk membantu masyarakat di wilayah Ibu Kota Nusantara (IKN), Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser utara (PPU), Kalimantan Timur (Kaltim), Kedeputian Bidang Sosial Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat Otorita IKN bekerjasama Perempuan Jenggala, Kodam VI/ Mulawarman dan Badan Urusan Logistik (Bulog), Sabtu (30/3/2024) menggelar Bazar Sembako Murah.

Kegiatan dalam rangka memeriahkan bulan suci puasa Ramadhan 1445 Hijriah tahun 2024 tersebut, dilaksanakan di Alun Alun Taruna Desa Bukit Raya, Sepaku.

“Kami mengucapkan terimakasih atas kepedulian Perempuan Jenggala, Kodam VI/ Mulawarman, Bulog dan semua pihaknya, sehingga pasar sembako murah ini dapat terlaksananya. Karena itu bagian dari proses pembangunan IKN dan tentu ini bukan yang terakhir,” ujar Deputi Bidang Sosial Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat OIKN, Alimuddin kepada awak media, Sabtu (30/3/2024) di sela-sela kegiatan.

Dikatakannya, kali ini kegiatan organisasi Perempuan Jenggala terkait pasar murah, mungkin ada kegiatan lain yang bersentuhan langsung dengan pemberdayaan perempuan atau kaum hawa di IKN.

“Momen ini tentu sangat ditunggu masyarakat dalam kondisi harga beras yang alami kenaikan, kemudian Perempuan Jenggala bersama dengan Bulog dan Kodam serta pihak lainnya memberikan sembako yang lebih murah buat masyarakat,” tuturnya.

Ia berharap, mudah-mudahan sembako murah itu bermanfaat bagi masyarakat khusus kalangan menengah ke bawah. Dan Insya Allah dalam kesempatan OIKN akan lakukan kegiatan serupa.

Diungkapkannya, dalam kegiatan pasar sembako murah ini pihaknya juga melaksanakan Bazar Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) binaan OIKN. Dimana diharapkan meskipun terus dilakukan pembinaan, mereka juga harus terus mengasah diri, karena UMKM itu diketahui merupakan salah satu tulang punggung perekonomian Indonesia.

“Mengasah diri dalam artinya meningkatkan kualitas produk yang lebih penting adalah keberlanjutan sebuah produk

Bahkan beberapa produk UMKM masyarakat lokal IKN, lanjut Alimuddin, juga sudah ia masukan ke hotel-hotel bintang lima. Hal ini karena hotel juga memiliki kewajiban untuk memberdayakan UMKM.

“Jadi harus bersama-sama kita berkolaborasi untuk pembangunan masyarakat khususnya di IKN. Selain itu jika masyarakat IKN tidak berbuat untuk maju hari ini, kita khawatir mereka menjadi orang yang ketinggalan di sebuah perjalanan transformasi IKN,” katanya.

Pada kesempatan ini juga, pihaknya telah membuka tempat konsultasi bagi pelaku UMKM dan sekaligus mereka dibantu untuk mendaftarkan produk-produk UMKM mereka. dimana para pelaku usahanya rata-rata para ibu-ibu.

“Staf kami juga membantu tata cara membuat Nomor Induk Berusaha (NIB), izin edar pangan olahan atau SPP-IRT dan MD-BPOM, Halal, Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Badan Usaha atau hukum, GMP,ISO serta HACCP dan lain-lain,” urainya.

Apalagi beberapa waktu lalu para emak-emak ini pernah mengikuti program Pelatihan Coding Mum, sehingga mereka melek teknologi dan bisa berusaha sendiri di rumah menggunakan teknologi internet

Ketua Umum Perempuan Jenggala, Vicky W Kartiwa pada kesempatan itu mengatakan, kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka bulan ramadhan dan menghadapi hari raya Idul Fitri tahun ini, sehingga pihaknya ingin menebarkan kebaikan kepada masyarakat menengah ke bawah.

Apalagi saat ini harga sembako kini sedang meningkat jadi pihaknya ingin membantu warga sehingga mereka dapat memenuhi kebutuhannya. Kegiatan serupa juga sudah dan akan dilaksanakan di 10 kabupaten/kota, antara lain, Jakarta, Yogyakarta, Lampung, Makassar termasuk IKN dan menyusul daerah lain.

“Kedepan kita ingin membantu masyarakat sekitar IKN, agar mereka lebih siap menghadapi perkembangan IKN dari segi pemberdayaan perempuan sehingga dapat meningkatkan ekonomi keluarga, tentu kegiatan itu dilakukan bekerjasama dengan OIKN,” pungkasnya.

Pada Bazar Sembako Murah kali ini, panitia menyiapkan sedikitnya 700 paket sembako terdiri dari beras 5 kilogram, satu liter minyak goreng dan satu kilogram gula pasir. Dimana satu per paket dijual seharga Rp 80 ribu.

Sumber : Humas Otorita Ibu Kota Nusantara

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.