Maksimalkan Kinerja DPKP Rencana Buka Pos Pemadam Kebakaran di Jenebora 

by -80 Views

BERITAPENAJAM– Dalam rangka memaksimalkan kinerja di daerah pesisir, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) berencana membangun Pos Pemadam Kebakaran di Kelurahan Jenebora.

 

Pendirian pos tersebut untuk mengcover tiga kelurahan yang ada di daerah itu, yakni Kelurahan Jenebora, Kelurahan Gersik serta Kelurahan Pantai Lango.

 

Kepala DPKP Kabupaten PPU Fernando menyebutkan, saat ini tiga kelurahan tersebut jaraknya cukup jauh dari PMK Maridan maupun PMK Petung, sehingga sulit mendapatkan penanganan apabila terjadi kebakaran di permukiman.

 

“Kami berencana mendirikan PMK di Jenebora untuk mendekatkan pelayanan,” ungkapnya, Senin (11/9/2023).

 

Dirinya mengatakan pihaknya telah mengajukan usulan pendirian PMK Jenebora ke Pemerintah Daerah pada Maret 2023. Namun untuk saat ini belum mendapatkan persetujuan terkait usulan itu.

 

“Kami sudah usulkan ke bupati, tapi belum mendapatkan persetujuan. Memang perlu pertimbangan yang matang. Karena, butuh anggaran pembangunan fasilitas PMK, armada pemadam dan operasionalnya,” ujarnya.

 

Selain sarana dan prasarana yang harus disiapkan, kesediaan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dibutuhkan juga perlu dipertimbangkan.

 

“Kami juga terkendala di SDM, karena ada larangan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI (Kemenpan RB) dalam hal perekrutan tenaga honorer,” kata dia.

 

Namun dirinya berharap agar usulan PMK di tiga kelurahan tersebut bisa segera disetujui di tahun ini. (adv)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.