Resmikan Pasar Rakyat TP III di Babulu, Pemkab PPU Imbau Kios Dijaga dan Dirawat

by -61 Views

BERITAPENAJAM, – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Penajam Paser Utara (PPU) kembali meresmikan bangunan pasar rakyat di Kecamatan Babulu TP III tahun 2023, yang dimulai tahun 2022 melalui tugas dana pembantuan melalui APBN dengan alokasi anggaran kurang lebih Rp. 5,4 Miliar.

Pembangunan pasar rakyat Babulu tersebut dibangun dengan jumlah 168 lapak dan jumlah kiosnya sebanyak 37 untuk pemenuhan para pedagang pasar yang belum memiliki tempat didalam kawasan Pasar Rakyat tersebut.

Peresmian tersebut ditandai dengan pemotongan pita yang dilakukan oleh Sekda PPU Tohar didampingi oleh oleh Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (Diskukmperindag) PPU Saidin dan dihadiri oleh anggota DPRD PPU dan unsur Forkopimda serta unsur Muspika Kecamatan Babulu.

Dalam sambutannya, Sekda PPU Tohar mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak terkait khususnya kepada Diskukmperindag PPU yang telah melaksanakan tugas pembangunan pasar rakyat TP III melalui sumber dana bantuan dari Kementerian Perdagangan sehingga TP III tersebut dapat kembali diresmikan.

“Mudah-mudahan selaras dalam peresmian ini dengan teknis administrasinya, aspek kualitas dan kuantitas berkesesuaian dengan perencanaan sehingga akhir dari seluruh kegiatan ini dapat kita laporkan secara paripurna kepada pihak terkait dalam alokasi perbantuan ini melalui kementerian perdagangan yang telah memberikan tugas perbantuan kepada kita di Kabupaten PPU,” ucapnya

Terlepas itu semua, Ia juga mengingatkan bahwa memegang tanggung jawab mengelola pasar tidaklah mudah namun bukan berarti kita tidak bisa dengan catatan ada pemahaman yang sama dalam mewujudkan penataan yang baik yang semuanya menjadi satu kesatuan baik itu pedagang, pengelola dan teknis terkait.

Ada stigma pasar identik dengan kekumuhan, pasar identik dengan kesemrawutan dan yang perlu diketahui dalam menyikapi ini semua pemerintah sudah menyediakan infrastrukturnya sehingga kepada kita semua khususnya sektor wilayah terkait agar pengelola, pedagang dan masyarakat supaya menjaga dan memanfaatkan dengan baik.

“Pasar ini sektor penting penggerak perekonomian dan pemenuhan kebutuhan pokok kita, kiranya untuk menjaga keberlangsungan pasar ini agar tetap nyaman dan layak kita harus bersama-sama menjaga kebersihan karena jangan sampai konsep pasar yang modern, bersih dan dibuat sedemikian baiknya masih terkesan kotor dan kumuh,” ujarnya.

Tohar turut menghimbau kepada para pedagang kiranya harus menanamkan dalam diri rasa memiliki sehingga menjaga sedemikian hal yang dibangunkan dalam pasar dapat dijaga dan dirawat dengan baik dan bersama-sama baik itu kepada pengelola pasar, pedagang dan masyarakat yang menggunakan pasar ini dalam proses pemenuhan kebutuhan pokok dan jual beli.

“Pentingnya memahami hak dan tanggung jawab kita masing-masing individu baik itu sebagai pedagang dalam menggunakan kios ataupun lapak pasar, pengelola dalam mengurus pasar yang ada serta didukung oleh dinas terkait dalam penyelesaian terkait sampah melalui dinas lingkungan hidup sehingga semuanya menjadi satu kesatuan dalam keberlangsungan pasar rakyat ini, ” tutupnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas KUKMPerindag PPU Saidin mengatakan bahwa peresmian pasar ini dipercepat dari rencana sebelumnya, ini didasari karena banyaknya pedagang pasar yang belum memiliki kios sehingga peresmian ini dilaksanakan pada hari ini dengan koordinasi kepada pengelola pasar serta melibatkan kecamatan, desa agar pemanfaatannya bisa dirasakan langsung oleh pedagang.

Adapun terdapat fasilitas pendukung yang belum terpenuhi salah satunya adalah listrik tetapi untuk listrik ini sedang dalam proses pemasangannya guna mendukung sarana dan prasarana para pedagang pasar dalam pasar rakyat TP III Babulu ini.

“Semoga dengan diremikannya pasar rakyat TP III ini dapat mengakomodir para pedagang pasar yang belum memiliki lapak dan seluruh pedagang dapat menggunakan lapak yang tersedia sehingga tidak ada pedagang yang berjualan diluar lingkungan pasar tanpa lapak, “ujarnya.

Sebelum pembangunan ini, pasar Babulu juga mendapatkan bangunan dengan pembangunan TP I pada tahun 2018 dan TP II pada tahun 2019 yang juga bersumber dari dana tugas pembantuan.  (ADV/Bp1)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.