DPMD PPU Gelar Rapat Persiapan Pilkades, Antisipasi Potensi Kerawanan

by -107 Views

BERITAPENAJAM– Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) menggelar rapat persiapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang diadakan bulan Oktober, bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (forkopimda) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Senin (11/9/2023).

 

Kepala DPMD PPU yang diwakili oleh Kepala Bidang Pemerintahan Desa Basri menyampaikan bahwa rapat tersebut membahas terkait antisipasi yang kiranya terjadi di Pilkades serentak 2023 mendatang.

 

Salah satu potensi kerawanan yang diperkirakan akan terjadi saat Pilkades yakni bakal calon kepada desa lebih dari lima orang.

 

“Kita antisipasi adanya permasalahan di Pilkades 2023 nantinya, untuk saat ini ada tiga desa yang bakal calonnya lebih dari lima atau lebih dari yang sudah ditentukan,”ujarnya.

 

Basri menyebutkan dari total 14 desa yang akan melaksanakan pilkades sebanyak 3 desa yang memiliki bakal calon kades lebih dari lima, sehingga hal itu menjadi perhatian dari seluruh stakeholder yang ada.

 

Tiga desa tersebut yakni desa Gunung Intan dengan bakal calon 7 orang, desa Desa Labangka Barat 6 orang, dan desa Giripurwa 10 orang. Nantinya bakal calon yang disebut akan melakukan seleksi tertulis yang akan dilakukan pada 9 Oktober mendatang.

 

“Tadi juga dibahas terkait seleksi seperti apa nanti tanggal 18 diputuskan, apakah tes tertulis dengan perantara komputer, seleksi kertas atau melalui CAT,” kata dia. (ADV)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.