Kelompok Masyarakat di PPU, buat Sepatu dari Bahan Sabut Kelapa

by -167 Views

BERITAPENAJAM– Salah satu kelompok masyarakat kelurahan saloloang dapat menghasilkan sepatu yang cukup unik dari bahan olahan sabut kelapa.

Melalui pelatihan pembuatan sepatu yang baru saja dilaksanakan beberapa waktu lalu di rumah jabatan Bupati Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Jumat (23/06/2023).

Sebelumnya kelompok ini telah memiliki sentra sabut kelapa yang sudah berproduksi sejak lama, yakni Koperasi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) PPU.

Pada pelatihan pembuatan sepatu anggota koperasi Kim PPU berinovasi untuk membuat sepatu dari bahan sabut kelapa, yang telah di kelola terlebih dahulu.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian Perdagangan (Diskukmprindag) Saidin, menyampaikan bahwa dengan pengembangan serta pemanfaatan sabut kelapa untuk di jadikan sepatu ini bisa mempunyai nilai jual.

“Ada nilai jualnya, dan nantinya ketika bisa dirancang dengan bagus mungkin akan bisa di produksi ke luar,” ungkapnya, Senin (26/6/2023).

 

Untuk itu dirinya sangat mendukung upaya memanfaatkan sabut kelapa ini, dan berharap agar pembuatan sepatu ini bisa terus berlanjut kedepannya.

Ia juga berharap untuk kelompok masyarakat lain dapat melihat peluang ekonomi yang ada disekitarnya, yang dapat dijadikan nilai jual yang bersifat produk. (ADV)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.