Jaringan Air Bersih di Sepaku Masih Terbatas, Kesulitan Suplai ke IKN

by -26 Views

BERITAPENAJAM –  Kontribusi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Danum Taka dalam pembangunan IKN terbatasi oleh kapasitas serta infrastruktur jaringan yang ada.

Direktur Perumda Air Minum Dan Taka Abdul Rasyid mengatakan saat ini pihaknya telah menerima beberapa surat dari kontraktor maupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang telah beroperasi di IKN.

Tadinya hal tersebut sudah dipertimbangkan oleh Perumda tetapi dikarenakan adanya daerah bufferzone yang saat ini masih belum terpenuhi air bersih, maka pihaknya menarik kembali pertimbangan tersebut.

“Dan tadinya kita sudah ada komitmen tetapi karena ternyata daerah bufferzone kita masih belum terpenuhi jadi kita tarik kembali,” ucapnya, Jum’at (12/1/2023).

Hal ini disebabkan oleh kapasitas WTP dan infrastruktur jaringan yang ada di Kecamatan Sepaku tidak memadai untuk membantu pembangunan di IKN, untuk kapasitas WTP sendiri hanya 30 liter/detik.

Jadi untuk itu terkait dengan pembangunan IKN yang dilakukan oleh pihak PDAM hanya dapat membantu distribusi air di rumah jabatan yang ada di Sepaku.

“Jadi saat ini terkait dengan IKN yang dilakukan oleh PDAM hanya membantu distribusi air di titik nol dalam hal ini, rumah jabatan, dan kita sudah sampaikan bahwa kapasitas air kita terbatas tapi kalau sifatnya hanya pada waktu-waktu tertentu saja, seperti minta dikirimkan tangki air dan sebagian itu bisa,” ungkapnya.

 

Penulis: Adell

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.