Ketua DPRD Dukung Percepatan Pemekaran Kecamatan

by -34 Views

BERITAPENAJAM – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Syahrudin M Noor mendorong dan mendukung percepatan pemekaran kecamatan dan desa di PPU.

“Saya sebagai Ketua DPRD terdepan memperjuangkan hal ini dan mendukung penuh pemerintah daerah untuk segera melakukan percepatan pemekaran kecamatan, kelurahan/desa,” tutur Syarifuddin, Jumat (13/1/2023).

Dijelaskan Syahrudin, seiring berjalannya pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, tentu kecamatan itu akan diambil alih oleh Pemerintah Pusat dalam hal ini adalah Badan Otorita IKN Nusantara.

“Kecamatan kita berkurang. Artinya dari sisi harapan tentu ini jadi kebutuhan, bahwa dari sisi regulasi pun (Kabupaten) tidak memenuhinya persyaratan. Karena minimal satu kabupaten memiliki lima kecamatan, sekarang kita hanya tiga kecamatan,” jelasnya.

Baru-baru ini juga, Syahrudin mengungkapkan telah bertemu salah satu pejabat di Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian lainnya untuk membahas persoalan pemekaran kecamatan, kelurahan/desa.

“Mereka memberikan lampu hijau dan memberikan informasi terkait dengan pemekaran,“ ucapnya.

Ia menjelaskan, rencananya kecamatan di Kabupaten PPU akan dimekarkan menjadi tujuh, di antaranya Kecamatan Penajam menjadi empat, Kecamatan Babulu menjadi dua dan Kecamatan Waru tetap satu.

“Jika pemekaran kecamatan ini mau direalisasikan, segera saja pemerintah daerah melakukan kajian terkait pemetaan wilayah, batas-batas wilayah, aset-aset di inventarisi, sehingga dokumen benar-benar siap, “ jelasnya.

 

Penulis : Dian

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.