DPMD PPU Fasilitasi Kegiatan Pelatihan oleh Bumdes,  Nuryulianita : Minta Bumdes Tertib Administrasi

by -103 Views

BERITAPENAJAM– Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) memfasilitasi kegiatan pelatihan oleh Balai Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (BPPMDDTT) Banjarmasin bersama Badan Usaha Milik Desa (BUMdes) Kabupaten PPU, pada Senin (21/8/2023).

 

Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk pendampingan Alumni Peserta Pelatihan Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa terkait Penyusunan Laporan Keuangan bersama 12 Bumdes di wilayah PPU.

 

Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Kelembagaan Sosial Budaya Masyarakat DPMD PPU Nuryulianita, menyebutkan kegiatan ini dilakukan menyasar pada bendahara – bendahara di 12 Bumdes yang diundang.

 

“Lebih khususnya terkait pembinaan alumni peserta pelatihan. Makanya dilaksanakan refresh latihan ini terkhusus sasarannya bendahara, karena terkait penyusunan laporan keuangan BUMdes,” ungkapnya.

 

Dengan dilaksanakan kegiatan ini diharapkan agar dapat mendukung para bumdes untuk lebih tertib administrasi mengatur pengelolaan keuangan di badan usaha milik desanya.

 

“Karena selama ini mau masuk trimester ketiga, kendalanya bumdes hampir tidak ada yang memberikan laporan keuangan ke DPMD,” ujarnya.

Harapan, kedepannya ucapnya Bumdes nantinya dapat melaporkan kegiatan bulanannya yang di akumulasi dalam semester pertama penganggaran desa.

 

Sementara untuk 12 Badan Usaha Milik Desa yang ikut diantaranya, desa Sidorejo dan Girimukti Kecamatan Penajam. Desa Api-api dan Bangun Mulya Kecamatan Waru. Desa Sebakung Jaya dan Sumber Sari Kecamatan Babulu. Desa Argomulyo, Bumi Harapan, Telemow, Karang Jinawi, Suko Mulyo dan Wonosari Kecamatan Sepaku. (ADV)(adl)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.