DPMD PPU Bentuk Panitia Pilkades Tingkat Kabupaten, Libatkan TNI-Polri

by -118 Views

BERITAPENAJAM, – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) segara membentuk panitia pemilihan kepala desa (Pilkades) tingkat kabupaten, mengingat waktu pilkades akan diselenggarakan oktober mendatang.

Kepala DPMD PPU, Saidin menerangkan panitia Pilkades tingkat kabupaten akan melibatkan sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) terkait dan instansi vertikal meliputi TNI-Polri dan kejaksaan.

“Kami sudah bersurat ke beberapa instansi untuk memberikan daftar nama yang akan dimasukkan dalam panitia tingkat kabupaten,” kata Saidin, Jumat (17/3/2023).

Saidin menyatakan, Surat Keputusan (SK) Panitia Pilkades Tingkat Kabupaten akan diterbitkan setelah instansi terkait menyerahkan daftar nama-nama yang akan dimasukkan dalam kepanitiaan. “Secepatnya panitia tingkat kabupaten dibentuk,” ujarnya.

Saidin mengatakan, selain panitia tingkat kabupaten, pelaksaan Pilkades juga ada panitia tingkat kecamatan dan tingkat desa. “Untuk panitia tingkat kecamatan dan desa itu mereka sendiri yang menyusun,” terangnya.

Pilkades akan digelar pada Oktober 2023 mendatang. Dari 30 desa yang ada di Benuo Taka, terdapat 14 desa yang akan melaksanakan Pikades yakni Desa Labangka Barat, Gunung Intan, Rintik, Desa Labangka dan Gunung Mulia di Kecamatan Babulu. Sedangkan di Kecamatan Penajam meliputi Desa Sidorejo dan Giripurwa, di Kecamatan Waru hanya Desa Bangun Mulya.

Sementara di Kecamatan Sepaku yakni Desa Bumi Harapan, Argomulyo, Semoi Dua, Sukomulyo, Telemow dan Karang Jinawi. “Tahun ini ada 14 desa yang menggelar Pilkades,” ungkapnya. (ADV)

 

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.