BPBD PPU Dapat Bantuan 30 unit Baju Karhutla dari Pemprov Kaltim

by -73 Views

BERITAPENAJAM– Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) mendapat bantuan peralatan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) dari BPBD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

 

Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik BPBD PPU Nurlaila mengatakan di tahun ini mendapatkan bantuan berupa 30 unit baju Karhutlah dari Provinsi.

 

“Kami sudah ada bantuan baju Kebakaran Hutan dan Lahan sudah diberikan ditahun ini 30 unit dari BPBD Provinsi,” ungkapnya.

 

Bantuan itu dikatakan hanya berupa satu set baju, sementara untuk sepatu dan masker tersedia dari pihak BPBD PPU.

 

Ia mengungkapkan total bantuan tersebut dinilai cukup untuk pihaknya, namun tidak termasuk untuk pihak Pemadam Kebakaran, dikarenakan mereka mempunyai kualifikasi untuk seragamnya.

 

“Untuk karhutla ini yang memang tidak dapat dijangkau untuk kendaraan roda empat itu pasti dari BPBD atau Distan yang melakukan penanganan ke daerah dalam,”ungkapnya.

 

Ditanyakan terkait elnino yang menjadi salah satu penyebab karhutla ini, dirinya mengatakan bahwa menurut info awal puncak elnino akan terjadi di bulan September.

 

Tetapi belum lama ini revisi dari Badan Metrologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi puncak elnino akan berlangsung hingga November 2023 mendatang.

 

“Jadi masih satu atau dua bulan ini kita masih prediksi akan terjadi seperti Agustus jadi hujan itu cuman dua sampai tiga kali saja dalam 1 bulan,” tuturnya. (adv)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.