Kepala Diskukmperindag PPU Pastikan Toko Modern Beri Peluang Produk UMKM Lokal

by -43 Views

BERITAPENAJAM, – Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan (Diskukmperindag) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) memastikan sebagian besar toko modern telah menyediakan etalase atau tempat khusus untuk produk UMKM.

 

Kepala Diskukmperindag PPU Saidin mengungkapkan,  pemerintah daerah telah berperan aktif agar retail modern menyediakan etalase khusus untuk para pelaku UMKM lokal dalam memasarkan produknya.

Tujuan ini melainkan memperkenalkan produk lokal kepada masyarakat sekitar atau masyarakat yang melintas di Penajam Paser Utara.

 

“Kami sudah mendorong toko modern itu menyediakan etalase untuk UMKM dan posisinya paling depan,” ungkapnya, (6/9/2023).

 

Untuk mendapatkan kesempatan tersebut, produk UMKM nilai harus sesuai dengan standardisasi atau ketentuan para pengelola atau pemilik toko modern.

 

Standrisasi ini menjadi tolak ukur bagi retail modern saat ini, seperti produk yang dimiliki harus  terkemas dengan baik, memiliki sertifikasi halal dan lainnya.

 

“Mereka memiliki standar yang harus dipenuhi pelaku UMKM kita, harus punya kemasan yang baik, ada sertifikat halal dan semacamnya. Kalau lengkap mereka bisa menaruh produknya,” jelasnya.

 

Pemerintah daerah dinilai telah melakukan berbagai upaya agar permasalahan sertifikasi, kemasan dan sebagainya dapat terselesaikan.

” Kami terus gencar melakukan program yang langsung menyentuh masyarakat, karena hal ini merupakan bagian dari pelayanan kepada masyarakat yang lebih sejahtera,” tandasnya. (ADV)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.