1.307 Prajurit dan PNS KODAM VI/MLW Naik Pangkat

by -213 Views

BERITAPENAJAM.Net– Panglima Kodam VI/Mlw Mayjen TNI Subiyanto memimpin langsung upacara pelantikan kenaikan pangkat TMT  1 April  2018 untuk golongan Perwira jajaran Kodam VI/Mlw yang berlangsung di Aula Makodam VI/Mlw Balikpapan Senin 2 April 2018. Upacara kenaikan pangkat tersebut diawali dengan laporan resmi oleh  tiga orang perwakilan Kolonel Cba Hery Ismailiya, SE, M.Si., Letkol Inf Fakhrul,  Mayor Cku Ari Muladi kepada Panglima Kodam VI/Mlw. 

Dari 1.307 anggota yang naik pangkat orang, terdiri dari Letkol ke Kolonel 10 orang, Mayor ke Letkol 19 orang, Kapten ke Mayor 31 orang, Lettu ke Kapten 10 orang, Letda ke Lettu 27 orang, Bintara 716 orang, Tamtama 385 orang dan Pegawai Negari Sipil 109 orang.

Untuk meraih pangkat para prajurit Kodam VI/Mlw harus lulus tes garjas  A (lari 3200 meter) +B (pull up, sit up, push up, shuttle run) dan renang dasar militer jarak 50 meter. Nilai untuk kelulusan garjas 70 untuk Satpur dan Banpur, nilai 65 untuk Satbamin dan Satkowil. Anggota yang tidak lulus garjas tidak naik pangkat, dan harus  mengulang para periode berikutnya.

Dalam amanatnya Pangdam mengungkapkan bahwa Kenaikan pangkat bagi seorang Perwira mengandung arti yang sangat penting dalam meniti karier selanjutnya. Dengan kenaikan pangkat, peluang karier akan lebih terbuka. Namun demikian, kenaikan pangkat bukan hak sepenuhnya seorang Perwira, karena terkait erat dengan sistem pembinaan personel, baik pada jabatan sebelumnya maupun jabatan yang dipercayakan saat ini.

Dengan demikian, untuk memperoleh kenaikan pangkat tidak cukup hanya didasarkan pada tuntutan formal administratif semata, akan tetapi juga harus diwujudkan melalui prestasi kerja, dedikasi dan loyalitas pengabdian dalam mengemban amanah jabatan yang dipercayakan.

Masih dalam amanatnya Pangdam menegaskan bahwa Kenaikan pangkat dapat berarti beban tugas dan tanggungjawab semakin meningkat seiring dengan tingkat kepangkatan yang disandangnya. Oleh karena itu, harus disertai dengan peningkatan profesionalisme dengan membudayakan belajar berbagai ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai dengan perkembangan jaman dan tuntutan tugas yang dihadapi.

Pangdam berharap agar kenaikan pangkat ini benar-benar dapat menjadi pendorong semangat dan tekad para perwira sekalian untuk menyongsong tugas yang tentunya akan semakin berat. Buktikan makna kenaikan pangkat ini dalam penerapan sistem kepemimpinan di satuan, baik secara moral, etika, pribadi maupun satuan. Pahami dan tanamkan bahwa kenaikan pangkat ini memang diberikan berdasarkan penilaian yang obyektif atas prestasi dan pengabdian kepada negara dan bangsa. Kreativitas, inisiatif, inovasi serta kedewasaan dalam membina dan memimpin para prajurit bawahannya harus menjadi contoh yang ditunjukkan setiap saat kepada bawahan.

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.