Ujian Tertulis Seleksi Bakal Calon Kades Tiga Desa Bebas Intervensi

by -38 Views

BERITAPENAJAM– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Penajam Paser Utara (PPU) menggelar Pelaksanaan Ujian Tertulis Seleksi Bakal Calon Kepala Desa (Kades) Giripurwa, Gunung Intan, dan Labangka Barat pada Pemilihan Kepala Desa Serentak Kabupaten PPU Tahun 2023. Seleksi dilakukan guna mengeliminasi pendaftar Bakal Calon Kades yang lebih dari lima orang pada tiap desa. Tercatat sebanyak 22 peserta mengikuti seleksi ini di aula lantai III Kantor Bupati PPU, Senin (9/10/2023).

Penjabat (Pj) Bupati PPU Makmur Marbun dalam arahannya menyampaikan bahwa ujian tertulis ini menggandeng Indonesian Center For Legislative Drafting (ICLD) Universitas Indonesia (UI) sebagai tim penguji dalam kegiatan tersebut. Ia menyampaikan bahwa soal dibuat oleh tim penguji tanpa ada intervensi dari pihak manapun termasuk dari Pemkab PPU. Pihak/lembaga dari luar Pemerintahan Kabupaten PPU dipilih dalam melaksanakan ujian ini didasari beberapa pertimbangan, diantaranya untuk memberikan jaminan dan keyakinan kepada peserta ujian tertulis bahwa seleksi yang dilakukan murni, tidak ada unsur kepentingan, tidak ada campur tangan ataupun intervensi dari pihak manapun.

“Saya sudah sampaikan kepada mereka (tim penguji) bahwa soal tidak boleh dipegang oleh siapapun dari staf saya,” tegasnya.

Ia berharap ujian kali ini tidak didapati insiden sekecil apapun, transparan, dan hasilnya dapat diterima dengan lapang dada. Hasil ujian pun langsung dapat diperoleh pada hari yang sama dengan pelaksanaan ujian.

“Saya harap Bapak/Ibu dapat mengerjakan soal ujian dengan tenang dan terhadap hasilnya nanti semoga dapat diterima dengan lapang dada,” ucap Marbun.

Pemilihan Kepala Desa Serentak di Kabupaten PPU akan diikuti oleh 14 desa yang tersebar di 4 kecamatan. Pelaksanaan pemungutan suara direncakanan akan dilaksanakan pada 29 Oktober 2023. Tercatat 3 desa memiliki bakal calon kades lebih dari batas maksimal (5 orang) yang lulus seleksi administrasi, yakni desa Giripurwa (9 orang), desa Gunung Intan (7 orang), dan desa Labangka Barat (6 orang).(Nis/*DiskominfoPPU/ADV)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.