Tanamkan Nilai Dasar Bernegara, Anggota DPRD Kaltim Bahruddin Muin Sosialisasikan Empat Pilar

by -154 Views

BERITAPENAJAM, – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Baharuddin Muin, turun ke masyarakat sosialisasikan wawasan kebangsaan guna memperkuat nilai nilai dasar ideologi pancasila di daerah pilihnya (Dapil) Penajam Paser Utara – Paser.

 

Sosialisasi wawasan kebangsaan ke IV tentang, Pancasila, Undang – Undang, NKRI, dan Bhienka Tunggal Ika ini dilaksanakan di Jalan Syahrun RT 002 Kelurahan Nipah – Nipah Kecamatan Penajam Minggu, (14/05/2023).

 

Dalam penyampaiannya, Baharuddin Muin mengatakan hal ini perlu disampaikan kepada masyarakat agar memahami nilai – nilai dasar dalam bernegara.

 

” Karena di era ini kita banyak sekali melihat pemahaman radikal, yang dapat melemahkan ideologi Pancasila ditengah derasnya arus informasi yang mudah diakses oleh semua kalangan,” tuturnya.

 

Sementara Narasumber dari Pasi Intel Kodim 0913/PPU Kapten Inf Martinus Aluy menuturkan penting menanamkan nilai-nilai kebangsaan terhadap masyarakat memahami benar-benar empat pilar dalam berbangsa dan bernegara.

 

Empat pilar kebangsaan tersebut yaitu Pancasila, Undang Undang Dasar (UUD) Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika.

 

Menurutnya, paham – paham radikal saat ini sudah mulai menyusupi segala lini masyarakat, karena masuknya bisa melalui pemahaman agama yang kurang tepat oleh sebagian pemuka agama sehingga dapat berkembang pesat dan cepat di Indonesia.

 

” Pada prinsipnya saat ini kita harus melek menggunakan akal sehat dengan penanaman nilai dasar ideologi kebangsaan, agar terhindar pemahaman yang radikal,” jelas Aluy. (bp1)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.