Syarifuddin HR Apresiasi Pemda, Setelah Meningkatnya RSUD Sepaku di Kawasan IKN

by -59 Views

BERITAPENAJAM, – Anggota DPRD Penajam Paser Utara (PPU), Syarifuddin HR mengapresiasi pemerintah daerah (pemda) yang telah berupaya meningkatkan fasilitas kesehatan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sepaku di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Dinas Kesehatan (Dinkes) PPU membangun gedung pelayanan empat lantai di RSUD Sepaku di tahun ini menggunakan Alokasi Dana Khusus (DAK) Rp72 miliar dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

“Kami mengapresiasi pemerintah daerah dan pemerintah pusat atas peningkatan infrastruktur di RSUD Sepaku,” kata Syarifuddin, Rabu (01/05/2024).

Syarifuddin mengatakan pembangunan gedung empat lantai di RSUD Sepaku memang diperlukan dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan menjelang pemindahan Aparatur Sipil Negara (ASN) pusat dari Jakarta ke IKN.

“Pemerintah pusat betul-betul memperhatikan pelayanan kesehatan di Sepaku. Peningkatan fasilitas itu juga untuk meng-cover ribuan pekerja IKN di Kecamatan Sepaku,” paparnya.

Ia menekankan pembangunan gedung empat lantai RSUD Sepaku akan berpengaruh terhadap peningkatan status dari tipe D ke tipe C nantinya.

“Kalau gedung itu selesai dibangun tahun ini, maka RSUD Sepaku juga akan naik kelas dari tipe D ke tipe C,” bebernya.

Pembangunan gedung empat lantai RSUD Sepaku tersebut untuk penambahan ruang rawat inap, ruang pusat pelayanan pasien khusus mengalami trauma atau kecelakaan kerja, penambahan ruang instalasi rawat intensif atau Intensive Care Unit (ICU) dan Instalasi Gawat Darurat (IGD).

Kemudian untuk ruangan Neonatal Intensive Care Unit (NICU) dan Pediatric Intensive Care Unit (PICU).

NICU dan PICU merupakan fasilitas perawatan intensif untuk bayi dan anak-anak yang memerlukan pengobatan dan perawatan khusus guna mencegah serta mengobati terjadinya kegagalan organ-organ vital.(Adv)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.