Plt. Bupati PPU Dampingi Presiden Jokowi Tinjau Sejumlah Titik Penting Pembangunan IKN

by -1302 Views

BERITAPENAJAM,  – Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Hamdam mendampingi langsung Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo dan jajarannya  meninjau sejumlah titik penting pembangunan Ibukota Negara (IKN) baru di kecamatan Sepaku, Kabupaten PPU, Rabu, (22/6) siang. 

Salah satu titik yang menjadi lokasi peninjauan orang nomor satu di Indonesia ini adalah Persemaian Mentawir di Desa Mentawir, Kecamatan Sepaku. Presiden Joko Widodo selanjutnya juga meninjau progres pembangunan bendungan yang berada di Desa Semoi II Kecamatan Sepaku.

Kunjungan dilanjutkan menuju titik nol IKN dan lokasi pembangunan Istana Negara. Sekitar pukul 17.00 Wita rombongan bertolak dari IKN menuju Samarinda, provinsi Kalimantan Timur menggunakan tiga unit Helikopter.

Saat ditemui Bagian Humas dan Protokol PPU, Plt Bupati PPU, Hamdam mengatakan bahwa terkait kegiatan Presiden khususnya peninjauan penyemaian di Mentawir itu Presiden Joko Widodo berharap progres perluasan kawasan persemaian yang ada dapat dipercepat pembangunannya sehingga segera dapat digunakan untuk memperbaharui kembali kerusakan-kerusakan hutan yang terjadi saat ini.

“Konsepnya IKN ini kan nantinya adalah 30 persen adalah kota sementara 70 persen kawasan hutan, sehingga bapak Presiden mengharapkan perluasan cakupan penyemaian ini sudah bisa dimulai dari sekarang, “ kata Hamdam.

Ditambahkan bahwa penyemaian yang ada tersebut sejauh ini baru bisa menyediakan 700 ribu bibit. Presiden berharap  bahwa persemaian itu bisa memenuhi jumlah bibit dalam jumlah  besar yaitu diangka15 juta bibit pohon.

“Kita di PPU juga berharap penyemaian ini bisa berkelanjutan, karena tentunya daerah pasti juga memerlukan itu untuk memperbaharui hutan-hutan kita yang memang kritis dan butuh pembaharuan, “ kata Hamdam.

Saat ditanya terkait kunjungannya presiden ke lokasi pembangunan Bendungan, Hamdam mengatakan bahwa presiden hanya memastikan progres pembangunan yang telah mencapai 60 persen itu telah berjalan dengan baik.

“ Beliau hanya ingin memastikan saja bahwa bendungan yang rencananya untuk pemenuhan kebutuhan air bersih di IKN tersebut berjalan dengan baik, “ jelas Hamdam.

Seperti diketahui dalam peninjauan progres pembangunan Bendungan, Joko Widodo  saat tiba di lokasi,  langsung menyimak pemaparan panel dan maket bendungan oleh Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Jarot Widyoko.

Sambil menikmati es kelapa muda, Presiden pun melanjutkan diskusi dengan para pemred di sebuah gazebo. Es kelapa muda yang dinikmati Presiden dan rombongan pun menjadi penyegar di tengah teriknya cuaca di Bendungan Sepaku Semoi siang itu.

Dalam kunjungannya ini Joko Widodo juga didampingi oleh Ketua DPR RI, Puan Maharani, Menteri PUPR, Basuki  Hadi Muljono dan Menteri LHK, Siti Nurbaya. Tampak hadir juga Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor, Kapolda Kaltim,   Irjen Pol Imam Sugianto,   Panglima Kodam VI Mulawarman Mayjen TNI, Teguh Pudjo Rumekso  dan sejumlah pejabat pusat dan provinsi Kaltim. (Humas6)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.