Pj Bupati PPU Minta DPKP Buat Pemetaan Rawan Kebakaran

by -235 Views

BERITAPENAJAM, – Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Makmur Marbun menuturkan bahwa, akan menempatkan unit Mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) tidak hanya disetiap kecamatan melainkan juga disetiap desa dan kelurahan yang ada di PPU.

“Tidak lagi di kecamatan, kalau bisa saya berikan juga ke pihak desa maupun kelurahan,” ucapnya, saat diwawancarai awak media, Rabu (10/07/24).

Wacana tersebut dilakukan pemerintah daerah melihat dari peningakatan jumlah kepadatan penduduk, dikarenakan jika hanya kecamatan, akan kesusahan ketika target bencana yang terjadi berada jauh dari titik.

“Jika ada kebakaran, lalu lokasinya jauh apa tidak telat pihak pemadam, mungkin baru akan tiba ketika si jago merah sudah padam,” tuturnya.

Menurut Marbun, Anggaran yang dibutuhkan untuk mobil damkar yang akan di diserahkan kepada pemerintah desa atau kelurahan tidak terlalu signifikan jumlahnya. Diketahui saat ini, jumlah desa di PPU yakni 30 desa, sedangkan kelurahan berjumlah 24 kelurahan.

“Tidak seberapa, karena ada juga desa atau kelurahan yang berdekatan, dan itu bisa disatukan saja jumlah unit mobilnya,” sambungnya.

Kendati demikian, Marbun meminta kepada Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) PPU bahwa, perlu dibuatkan pemetaan lokasi bencana dibeberapa titik yang ada di Kabupaten yang kerap disebut Benuo Taka ini.

“Saya sudah meminta kepada kepala DPKP, agar segera dibuatkan pemetaan bencana itu, ” pungkasnya. (Sam/Adv)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.