Peringati Hari Lingkungan Hidup Pemkab PPU Tanam Ribuan Bibit Mangrove

by -132 Views

BERITAPENAJAM,- Dalam momentum Hari Lingkungan Hidup, Pemerintah Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) melakukan penanaman bibit pohon mangrove, yang berlokasi di Pantai Corong, Kecamatan Penajam pada, Senin (5/6/2023).

 

Dalam kegiatan tersebut, dilakukan gerakan menanam 5000 bibit pohon mangrove sekaligus bersih pantai, oleh pemerintah daerah melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) beserta Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT).

 

Bupati PPU Hamdam, dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menanamkan kesadaran bersama, pentingnya menjaga keberlangsungan lingkungan, tidak hanya sekedar peringatan tetapi juga dilakukan dalam kehidupan sehari-hari dilingkungan.

Selain itu penanaman pohon mangrove yang dilaksanakan, ucap Hamdam, upaya serta komitmen antara pemerintah setempat dan PT PHKT untuk melestarikan lingkungan, terutama yang berada di sekitar pesisir pantai

 

“Pohon mangrove yang ditanam di lingkungan kita, tentu akan memberikan manfaat, bagi manusia maupun flora dan fauna yang ada dilingkungan sekitar, jadi harus kita lakukan sebagai upaya melestarikan lingkungan kita saat ini,” ungkapnya.

 

Dalam kegiatan, turut hadir Manager Kalimantan field PHKT Susantono Widji menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati serta DLH PPU yang telah hadir dalam penanaman mangrove tersebut.

 

Ia berharap, dengan penanaman bibit mangrove akan mengurangi tingkat abrasi yang terjadi di pesisir pantai. Akibat kenaikan permukaan air laut dampak dari pemanasan global.

 

” Dapat kita lihat penurunan tanah, instrusi air laut, abrasi, serta ancaman badai tropis yang menguat pun terjadi di pesisir. Kami berharap apa yang sudah kami inisiasikan hari ini, pemerintah dan masyarakat serta teman-teman bisa melanjutkan,” tuturnya.

Dalam kegiatan juga tampak hadir Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) PPU Tita Deritayanti, para pekerja PHKT, unsur masyarakat sekitar, kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan Sekolah Adiwiyata. (ADV)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.