Pemkab PPU Ikutkan Sembilan Program Unggulan di Mulawarman University Award 2023

by -90 Views

BERITAPENAJAM– Pemerintah Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) melakukan persiapan untuk mendapatkan beberapa program unggulan pada Mulawarman University Award (Multy Award) tahun 2023.

 

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemkab PPU Nicko Herlambang mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk melakukan penilaian kompetensi hasil-hasil pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah daerah.

 

Diantaranya terkait dengan kemajuan daerah, tingkat kepuasan masyarakat, inovasi yang diciptakan, pelayanan publik dan lainnya.

 

“Kita saat ini sudah mendaftarkan ada sekitar sembilan program unggulan yang akan kita masukan di multy award tahun 2023 ini,” ungkapnya, Selasa (19/9/2023).

 

Beberapa program yang dimasukkan diantaranya terkait dengan pemerataan pembangunan Pemkab PPU mengusulkan UPT PU sebagai salah satu pionir bangunan dan pemerataan pembangunan di Pemerintahan.

 

Kemudian dari sisi pemberdayaan ekonomi lokal, diusulkan tranformasi kelompok tani menuju korporasi untuk didaftarkan.

 

Sementara dari sisi pelayanan publik Pemkab PPU mengajukan tiga kategori yaitu pendidikan, pelayanan dan administrasi publik.

 

“Kemudian di kategori pelayanan publik, pendidikan kita mendaftarkan Bersama Mencetak Juara, di Pelayanan kesehatan Posko Malaria Hutan UPT Puskesmas Sotek itu yg kita daftarkan,”

 

Dan di bidang administrasi publik pemerintah mendaftarkan pelayanan tandang penyandang disabilitas orang sakit dan manula yang digagas oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan sipil (Disdukcapil) PPU.

 

Sedangkan kategori Reforma Politik diusulkan program Seratus Bank Sampah Unit dan Gerakan Sedekah Sampah, Strategi Pemilihan di Kabupaten Penajam Paser Utara, serta Kemudahan Akses Melalui JDIH Kabupaten PPU.

 

“Jadi sembilan point indikator yang didaftarkan ini kita anggap sebagai keunggulan kita karena memang pertumbuhan kita sebagai Kabupaten memiliki catatan yang cukup baik dari segi pertumbuhan ekonomi, maupun dari inovasi-inovasi yang dilakukan oleh OPD,” katanya.

 

Nicko berharap kedepan ketika PPU memenangkan award ini bisa jadi pemicu untuk menjadi percontohan bagi kabupaten/ kota lain yang ada di Kalimantan Timur (Kaltim). (adv).

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.