Panitia Haji Siapkan Penjemputan Jamaah Haji PPU

by -193 Views

BERITAPENAJAM.Net-Pemerintah Kab. Penajam Paser Utara (PPU) sudah mempersiapkan proses penjemputan jamaah haji PPU yang direncanakan akan tiba pada tanggal 23 September mendatang. Kepala bagian Kesra H. Herlambang, S.St mengatakan, jamaah haji asal Kab. PPU berjumlah 99 orang  itu nantinya akan dijemput setiba di Asrama Haji Balikpapan. Demikian disampaikannya saat memimpin rapat terkait penjemputan dan pemulangan jamaah haji PPU di ruang Kabag Kesra lantai 2 kantor Bupati PPU, Selasa (20/9/16) pukul 14.00 Wita.
“Ini adalah kegiatan rutin yang sudah terjadwalkan, dan dari awal kita sudah berkomitmen berkenaan pemberangkatan dan pemulangan tinggal masalah waktu saja, apa yang harus dipersiapkan dan dikerjakan oleh panitia haji daerah,” ungkap Kabag Kesra mengawali penyampaiannya.

Diharapkan panitia yang hadir saat ini mengetahui apa saja yang menjadi tugas yang harus dikerjakan oleh masing-masing personel maupun lembaga/instansi yang terlibat dalam kepanitiaan ini. “Secara teknis Kemenag bersama Bagian Kesra akan mengawal proses penjemputan jamaah haji,” terang H. Herlambang.

Ditambahkan Kabag Kesra, penjemputan jamaah haji PPU tersebut nantinya akan menggunakan bus yang sudah disediakan oleh panitia haji daerah, “ada tiga bus yang disiapkan untuk itu,” ucapnya. Ke-99 jamaah haji Selanjutnya akan dilakukan penyambutan oleh Pemkab PPU di Islamic center. “Jadi sebelum pulang ke rumahnya masing-masing para jamaah haji ini masih akan mengikuti prosesi penerimaan oleh pemerintah daerah,” katanya menjelaskan.

Menurutnya lagi, khusus untuk mengamankan kedatangan jamaah haji itu, pihak panitia telah berkoordinasi dengan petugas keamanan dari Polres PPU dan Satpol PP. Hal itu dilakukan karena tradisi penjemputan jamaah haji di PPU melibatkan banyak orang, yakni satu jamaah haji biasanya dijemput hingga beberapa orang/keluarga.

Dijadwalkan jamaah haji Kab.PPU yang tergabung dalam kloter IV Balikpapan akan tiba pada 23 September 2016 sekitar pukul 21.45 Wita. Akan mendarat di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Balikpapan, dengan Pesawat Garuda Indonesia, sebut Kepala Kemenag H.Hakimin menjelaskan perihal persiapan pemulangan jamaah haji PPU dihadapan seluruh panitia haji daerah.

Dikatakan Kepala Kemenag perlu segera disiapkan segala sesuatu yang menyangkut sarana dan prasarana bagi jamaah haji PPU yang dijadwalkan akan pulang pada 23 September mendatang. “Kita perlu mempersiapkan segala sesuatunya dari sekarang, karena sebentar lagi jamaah haji PPU akan tiba di tanah air,” katanya.

Dibenarkan oleh BS.Putra Kasat Sabhara Polres PPU, bahwa penting menyusun rencana penjemputan dan memperketat mekanisme penjemputan jamaah haji agar tidak terjadi kekeliruan pada saat menyambut kedatangan di Asrama Haji Embarkasi Balikpapan dan di PPU nanti, selanjutnya dikatakan akan meningkatkan koordinasi dengan panitia haji, termasuk barang dan jamaah haji untuk selanjutnya diambil oleh masing-masing keluarga jamaah.

Herlambang menambahkan, “Bersama dengan panitia dan petugas dilapangan akan ditingkatkan komunikasi untuk mengecek seluruh perlengkapan jamaah haji sebelum menuju pulang ke PPU dan kerumah masing-masing,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Kemenag PPU H.Hakimin memastikan akan ikut menjemput jamaah haji bersama dengan Jajaran Kesra Pemkab PPU yang akan memfasilitasi 3 Bus untuk mengangkut rombongan jamaah haji menuju PPU.

Estimasi dari panitia haji daerah jamaah berangkat dari Embarkasi Balikpapan sekira pukul 01.00 Wita dan tiba di PPU sekira pukul 04.00 Wita. Adapun kendaraan yang mengawal kepulangan jamaah, 2 unit dari Pemkab/Kesra, 1 unit dari Kemenag PPU untuk mengangkut air zam-zam, 1 Unit Patwal dari Polres PPU, 1 unit Patwal dari Dishub dan 1 unit truck Satpol PP untuk mengangkut koper jamaah(Humasim)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.