Kementerian PUPR Bangun Penjemuran Ikan di PPU

by -232 Views
Pekerja menjemur ikan asin di Sentra Industri ikan asin Jongor, Tegal, Jateng, Kamis (28/11). Musim hujan dan cuaca di laut tidak menentu membuat produksi ikan asin turun mencapai 30 persen akibat proses penjemuran dari satu hari menjadi dua hari dan harga ikan asin jenis tanjan dijual Rp 6 ribu per kilo. ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah/ama/ss/13

Masyarakat Sambut Baik Kepedulian Pemerintah Bantu Desa

 BERITAPENAJAM.Net – Kepala Desa Sesulu, Kecamatan Waru Kabupaten  Penajam Paser Utara (PPU), Kariansyah mengatakan,  Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan membangun tempat penjemuran ikan di Desanya, melalui program pembangunan infrastruktur sosial ekonomi wilayah.

Dengan anggaran sekitar Rp1,062 miliar, selain membangun tempat penjemuran ikan yang terbuat dari kayu ulin dengan model panggung 26×40 meter, Kementerian PUPR juga membangun gudang penyimpanan ikan kering berukuran 8×6,5 meter.

Kariansyah saat ditemui beberapa waktu lalu mengatakan, pembangunan tempat penjemuran ikan dan gudang penyimpanan ikan kering itu sesuai permintaan masyarakat setempat selama ini. Menurut dia, pembangunan tempat penjemuran ikan serta gudang penyimpanan ikan kering itu akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

“Kontraktor pelaksana sudah melakukan survei dan komunikasi. Pembangunan itu melibatkan tenaga kerja lokal,” kata Kariansyah.

Ia menjelaskan, Desa Sesulu sebagai penghasil ikan kering selama ini memang membutuhkan tempat penjemuran ikan yang permanen dan di lokasi yang layak agar mampu meningkatkan produksi dan kualitas ikan kering.

“Selama ini warga menjemur ikan di atas badan jalan karena sepanjang pesisir pantai mengalami abrasi,” jelas Kariansyah.

Pembangunan tempat penjemuran ikan dan gudang penyimpanan ikan kering tersebut menurutnya, merupakan bentuk kepedulian dan perhatian pemerintah terhadap kebutuhan masyarakat pesisir yang rata-rata berprofesi sebagai nelayan.

“Tempat penjemuran ikan itu sangat bermanfaat untuk warga dalam melakukan aktivitasnya sebagai nelayan sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat,” ujar Kariansyah.

Warga Desa Sesulu, Kecamatan Waru ini juga menyambut baik pembangunan tempat penjemuran ikan dan gudang penyimpanan ikan kering tersebut.

“Kami sangat bersyukur sebentar lagi akan memiliki tempat penjemuran ikan permanen dan layak, salah satu fasilitas yang sangat dibutuhkan warga,” ucap salah seorang warga Desa Sesulu, Ikram.(Humas6

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.