Obat Alami Untuk Radang Tenggorokan, Mujarab dan Mudah Didapat

BERITAPENAJAM.Net– Sangat mudah untuk bisa mengenali radang tenggorokan, biasanya akan pada bagian tenggorokan akan terasa sakit atau nyeri, apalagi jika penderita ingin menelan makanan, rasanya bisa sangat sakit sekali. Ada dua gejala radang tenggorokan , gejala radang tenggorokan ringan dan gejala radang tenggorokan yang berat.

Untuk radang tenggorokan ringan, gejalanya adalah sebagai berikut:

Batuk-batuk

Sering bersin

Demam

Tenggorokan kering

Gejala-gejala radang tenggorokan ringan diatas itu biasanya akan berlangsung hingga 5 atau 7 hari sebelum hilang dengan sendirinya. Akan tetapi beda halnya dengan radang tenggorokan yang berat atau sudah parah, adapun gejala-gejala redang tenggorokan yang parah adalah sebagai berikut:

  1. Suara menjadi serak dan biasanya berlangsung cukup lama, sektiar dua minggu.
  1. Selain terasa sakit, penderita akan merasa lebih sulit untuk menelan makanan.
  1. Rasa sakit pada tenggorokan tersebut biasanya menjalar hingga ketelinga.
  1. Tenggorokan terasa seperti berdahak tapi susah sekali dikeluarkan.
  1. Biasanya akan disertai dengan munculnya benjolan pada tenggorokan.

Apapun jenis radang tenggorokan yang dialami, baik itu masih ringan atau sudah parah ada baiknya tetap segera diobati, bisa mengobatinya dengan cara alami atau juga dengan menggunakan obat medis untuk radang tenggorokan. Keduanya sama-sama berkhasiat dan tidak perlu khawatir tidak sembuh. Nah, mengingat bahwa kedua cara mengobati radang tenggorokan tersebu hasilnya sama, bukankah mengobati radang tenggorokan dengan cara alami itu lebih baik?

Lantas apa saja obat-obat alami untuk radang tenggorokan itu?

Air hangat dan Garam

Garam memilik zat antiseptic yang dikenal ampuh menyembuhkan organ tubuh seseorang bagian dalam yang mengalami peradangan. Caranya cukup mudah sekali, campur garam dengan air hangat (kalau perlu yang sudah matang), buatlah berkumur sekitar beberapa 1 menit kemudian minum. Tujuan berkumur dengan air garam yang hangat ini bisa untuk membersihkan bakteri-bakteri di dalam mulut yang bisa menyebabkan terjadinya radang tenggorokan.

Bawang Putih mentah

Penelitian sudah membuktikan bahwa di dalam bawang putih terdapat sebuah senyawa yang bernama Allicin yang juga berfungsi sebagai anti bakteri dan anti inflamasi yang tentunya juga akan sangat efektif sekali untuk menyembuhkan radang tenggorokan ringan dan berat. Caranya mudah akan tetapi tidak semua orang bisa tahan, yaitu dengan mengunyah bawah putih tersebut mentah-mentah, akan lebih baik jika anda juga menelannya. Sedangkan untuk menetralkan rasa, anda bisa langsung mengkonsumsi madu atau cukup dengan air saja.

Menggunakan Madu dan Lemon

Dalam lemon itu mengandung banyak sekali vitamin C yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh seseorang dalam waktu singkat, sehingga wajar jika lemon menjadi obat radang tenggorokan yang ampuh sekali. Gunakan perasan air lemon yang sudah dicampur dengan madu, dan minumlah secara rutin sehari tiga kali.

Ramuan Jahe

Jahe memang terkenal sebagai obat tradisional dengan segudang manfaat kesehatan, termasuk salah satunya adalah menyembuhkan radang tenggorokan. Senyawa Zingiberin yang terdapat didalam jahe ini memiliki sifat merilekskan tubuh, serta mempunyai fungsi sebagai anti racun dan anti inflamasi. Caranya hampir semua orang sudah tahu, dibuat wedang jahe.

Keempat bahan alami diatas adalah bahan yang mudah sekali didapatkan di sekitar rumah kita, selain itu keempat obat tradisional tersebut memiliki efek yang sangat cepat dalam rangka mengobati radang tenggorokan.

Sumber: www.harianpost.co.id

beritapenajam.net

Tinggalkan Balasan

Next Post

3 Khasiat Serai Untuk Kesehatan Tubuh

Sab Jan 14 , 2017
BERITAPENAJAM.Net– Sangat mudah untuk bisa mengenali radang tenggorokan, biasanya akan pada bagian tenggorokan akan terasa sakit atau nyeri, apalagi jika penderita ingin menelan makanan, rasanya bisa sangat sakit sekali. Ada dua gejala radang tenggorokan , gejala radang tenggorokan ringan dan gejala radang tenggorokan yang berat. Untuk radang tenggorokan ringan, gejalanya […]
%d blogger menyukai ini: