3 Khasiat Serai Untuk Kesehatan Tubuh

BERITAPENAJAM.Net– Serai (Chymbogon Nardus) dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Selain itu, serai juga dikenal sebagai salah satu bumbu dapur. Masyarakat umum mengenal khasiat serai untuk kesehatan seperti menghilangkan rasa nyeri, menghilangkan pegal-pegal, menyembuhkan batuk, menyembuhkan sakit kepala, mengatasi kelesuan, dan menambah semangat.

Serai memiliki kandungan minyak atsiri, sitronelal, geraniol, sitronelol, geranil asetat, sitronelil asetat, sitral, kavikol, eugenol, dan elemol.

Untuk mengatasi batuk. Anda siapkan serai 5 batang dan air secukupnya. Langkah-langkahnya, yaitu keringkan batang serai sampai betul-betul kering. Rebus dengan air secukupnya. Saring dan dinginkan. Minum air rebusan serai bersama madu murni. Lakukan 2 sampai 3 kali sehari sampai sembuh.

Untuk menyegarkan tubuh. Anda siapkan 5 batang serai dan air secukupnya (nanti akan digunakan untuk mandi). Langkah-langkahnya, rebus batang serai hingga mendidih, lalu dinginkan. Gunakan air rebusan untuk mandi saat hangat. Badan akan langsung terasa segar.

Untuk mengatasi nyeri dan sakit kepala. Anda siapkan minyak serai secukupnya (bisa dibeli di apotek terdekat). Untuk nyeri, campurkan sedikit air pada minyak serai, lalu gosokkan pada bagian tubuh yang terasa nyeri. Untuk mengatasi sakit kepala, teteskan minyak serai di segelas air putih, langsung minum).

Sumber: www.johananggo.harianbernas.com

Random Posts

Leave a Reply