Makmur Marbun : Warga PPU Harus Bisa Menjadi Aktor Pembangunan di IKN

by -26 Views

BERITAPENAJAM,- Penjabat (PJ) Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Makmur Marbun menegaskan dirinya tidak ingin melihat masyarakat kabupaten PPU hanya menjadi penonton ditengah-tengah pembangunan Ibukota Negara (IKN) di Kabupaten PPU. Untuk itu, ucapnya, pemerintah daerah akan mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) di PPU agar bisa masuk dan menjadi aktor pembangunan di IKN.

Makmur Marbun saat memimpin apel pagi di lingkungan Sekretariat Kabupaten (Setkab) PPU, Senin (25/9/2023) pagi. Tampak hadir Sekretaris Daerah Kabupaten PPU Tohar, sejumlah asisten, staf ahli dan kepala bagian di lingkungan Setkab PPU.

“ Tugas kita adalah bagaimana mempersiapkan SDM di Kabupaten PPU untuk bisa akses masuk ke IKN. Target saya tahun ini seluruh SDM harus sudah bisa sebagai pelaku di IKN,” kata Makmur Senin (25/9/2023)

Dalam momentum ini Makmur juga minta agar seluruh pimpinan SKPD termasuk Sekretaris Daerah, Asisten dan Staf Ahli Bupati untuk bersama dia bekerja lebih cepat. Karena menurutnya sudah tidak ada waktu panjang, dimana pada 2024 mendatang pusat pemerintahan negara Republik Indonesia akan beralih dari Jakarta ke IKN yang baru di Kabupaten PPU.

“ Bapak-ibu, saya tidak ada artinya kalau bekerja sendiri disini, oleh karena perlu kerjasama seluruh jajaran pemerintah,” ujarnya.

Dia juga mengatakan bahwa sesuai arahan Presiden RI kepada dirinya, ada delapan item yang harus dilaporkan dalam kurun waktu tiga bulan sekali sebagai Pj Bupati PPU. Dari delapan item tersebut diantaranya adalah terkait bagaimana menurunkan inflasi di daerah, kondisi stunting, kemiskinan ekstrem dan keberlangsungan pemerintahan Kabupaten PPU.

Oleh karena itu, dirinya berharap ada kerjasama yang baik seluruh stackeholder di lingkup PPU untuk mewujudkan dan mensukseskan arahan Presiden melalui Kemendagri kepada dirinya tersebut.

“ Hari ini saya mengajak bapak ibu untuk bekerjasama. Banyak sekali yang harus kita lakukan, belum lagi Kabupaten PPU menjadi serambinya Nusantara IKN,” tandasnya. (adv)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.