Lokakarya Tata Kelola Festival Platform Indonesiana Tahun 2023

by -65 Views

BERITAPENAJAM-Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) bersama Tim Indonesiana Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI menyelenggarakan kegiatan Lokakarya Tata Kelola Festival Platform Indonesiana Tahun 2023 di aula Masjid Al Ikhlas Nipah Nipah, Selasa (03/10/2023).

Kegiatan yang dibuka oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekretqriat Daerah (Setda) PPU, Sodikin, juga hadiri oleh Ivan Efendi dari Direktorat Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan Kemendikbudristek RI, Tim Indonesiana Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek RI, Kepala Dinas Budpar PPU, mewakili Kepala Badan Perencanaan,Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang) PPU, Ketua Adat Paser, dan para Ketua Paguyuban Suku dan Budaya Kabuoaten PPU serta undangan yang hadir.

Dalam sambutannya Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Sodikin mengatakan lokakarya ini menjadi wadah untuk bersama-sama merumuskan strategi tata kelola yang baik, agar festival-festival di PPU dapat menjadi sorotan utama di panggung Nusantara jelang Ibu Kota Negara (IKN) yang telah diamanahkan menjadi Serambi Nusantara.
“Dengan menjadikan Penajam Paser Utara sebagai Serambi Nusantara, kita memiliki kesempatan besar untuk menggali dan mempromosikan kekayaan budaya, alam, dan potensi ekonomi daerah kita,”ungkap Sodikin.

Lebih lanjut Sodikin mengatakan festival-festival yang akan dihelat disini bukan hanya menjadi ajang hiburan, tetapi juga sebagai sarana memperkenalkan keunikan dan keindahan PPU kepada seluruh Nusantara.“Melalui lokakarya ini, mari kita bersama-sama mengembangkan tata kelola yang efektif dan efisien, memanfaatkan potensi lokal, serta melibatkan seluruh elemen masyarakat. Penajam Paser Utara bukan hanya menjadi destinasi festival, tetapi juga menjadi contoh tata kelola yang baik bagi daerah-daerah lain di Indonesia,”katanya

Sementara itu, Kepala Dinas Budpar PPU Andi Israwati Latief nengatakan kegiatan lokakarya Tata Kelola Festival Platform Indonesiana Tahun 2023 akan berlangsung selama tiga hari yaitu tanggal 3 sampai dengan 5 Oktober 2023 dan sekaligus perdana dilaksanakan di PPU

“Hal ini tentu menjadi sebuah kebanggaan sekaligus tantangan bagi kita semua sebagai warga PPU, dan kebudayaan diharapkan menjadi salah satu sektor penting bagi kearifan lokal, pembangunan daerah Kabupaten PPU. “terangnya.

Lebih lanjut Andi Israwati, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya pada Pokja Indonesiana Kemendikbud Ristek RI atas penyelenggaraan yang berfokus di Kabupaten PPU pada tahun 2023,

“Besar harapan kami kegiatan ini bisa diperluas ada bantuan kegiatan-kegiatan lainnya, dapat berkelanjutan di tahun-tahun berikutnya. Dan juga agar ke depannya kegiatan ini memberi dampak bagi pemajuan kebudayaan daerah, “pungkasnya. (Man/*DiskominfoPPU/bp/adv)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.