Kunjungan Perjalanan Jurnalistik di Yogyakarta, Pj Bupati PPU Sebut Peran Media Sangat Penting

by -30 Views
Makmur Marbun, berkesempatan mengunjungi kegiatan perjalanan jurnalistik 2024 di Hotel Cavinton D.I Yogyakarta.

BERITAPENAJAM, – Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Makmur Marbun, berkesempatan mengunjungi kegiatan perjalanan jurnalistik 2024 di Hotel Cavinton D.I Yogyakarta, Rabu (03/07/24).

Dalam rangka memperdalam pembelajaran wawasan yang diikuti oleh peserta dari media partner Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) PPU.

Dalam agenda kunjungan tersebut, Makmur Marbun didampingi Kepala Diskominfo PPU, Khairuddin menjelaskan tujuan dan maksud mengunjungi kegiatan perjalanan jurnalistik.

“Maksud dan tujuan kita, seperti apa teman-teman bisa melihat, bisa mengadopsi bagaimana menjadi jurnalis yang profesional dan memberitakan hal yang berimbang,” ucapnya.

Lebih lanjut, informasi yang disampaikan wartawan akan dibaca diseluruh dunia. Selain itu, dalam memberitakan suatu kejadian, para jurnalis harus mampu menunjukkan fakta dan kenyataan di lapangan.

Sikap dan Tindakan seorang jurnalis dibutuhkan untuk edukasi tersebut, wartawan harus bisa memberikan informasi yang mendidik sehingga isi beritanya memberi dampak positif.

“Peran media dalam pemerintahan sangatlah penting, karena tanpa informasi yang berimbang serta objektif, tentunya cita- cita pembangunan PPU yang saat ini sudah menjadi IKN tidak bisa maksimal,’’ sambungnya.

Ia mencontohkan terkait banjir di Kecamatan Sepaku, dimana letak banjir bukan tepat berada dilokasi IKN tetapi justru berada sekitar 20 KM dari lokasi IKN, dan yang menjadi persoalan adalah pemberitaan media berbeda dengan kenyataan yang ada di lapangan.

“Di satu sisi ada informasi yang sesuai dengan porsinya, namun ada juga yang tidak sesuai dengan kenyataan di lapangan. Bagaimana cara kita menyampaikan kepada masyarakat apa adanya. Jadi harus berimbang apa yang terjadi sebenarnya dengan apa yang terjadi di masyarakat,’’ pungkasnya.(Sam/Adv)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.