DPRD PPU Minta Pemerintah Pusat Menambah BTS

by -33 Views

BERITAPENAJAM – Wakil Ketua Komisi III DPRD Penajam Paser Utara (PPU), Jhon Kenedi meminta Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menambah base transceiver station (BTS) atau menara telekomunikasi di Benuo Taka.

Penambahan menara telekomunikasi di PPU sangat dibutuhkan untuk menunjang proses pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). Sebab, daerah ini masih memiliki beberapa titik blank spot atau tidak terjangkau jaringan internet.

“Kami meminta Kementerian Kominfo untuk menambah BTS di PPU agar seluruh wilayah kita dapat terlayani jaringan internet,” kata Jhon Kenedi, Minggu (19/11/2023).

Jhon Kenedi mengapresiasi Dinas Kominfo PPU yang telah berupaya memenuhi jaringan internet di beberapa wilayah di PPU dengan mengajukan pembangunan BTS ke Kementerian Kominfo. “Kami berharap usulan Dinas Kominfo itu disetujui oleh pusat,” tuturnya.

Pemerataan layanan jaringan internet merupakan tanggung jawab pemerintah. Saat ini, jaringan internet sangat dibutuhkan untuk menunjang komunikasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang berjualan melalui platform digital.

Selain itu, dunia pendidikan juga memerlukan jaringan internet yang memadai untuk menunjang proses belajar dan pembelajaran di sekolah. “Sekarang sudah serba digital, karena itu diperlukan sarana dan prasarana jaringan internet hingga ke pelosok,” terangnya.

Dinas Kominfo PPU mengajukan sembilan titik pembangunan BTS ke Kementerian Kominfo. Yakni, Desa Bukit Subur, Desa Giripurwa dan Desa Sidorejo di Kecamatan Penajam. Sedangkan di Kecamatan Babulu di Desa Rintik, Desa Gunung Makmur, Desa Sumber Sari dan Desa Labangka Barat. Sementaradi Kecamatan Sepaku di Desa Mentawir dan Desa Karang Jinawi.

“Lokasi pembangunan BTS yang diusulkan Dinas Kominfo merupakan titik blank spot. Mudah-mudahan tahun depan, Kementerian Kominfo menyetujui usulan dan memulai pembangunan BTS,” terangnya. (Adv)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.