DPR RI Hetifah Dukung  Program Belajar Bahasa Daerah Setiap Sekolah PPU

by -103 Views

BERITAPENAJAM– Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Daerah Pilihan (Dapil) Kalimantan Timur (Kaltim) Hetifah Sjaihfudian menggelar  Diskusi Pendidikan dalam rangka Implementasi Nilai Karakter Kebangsaan sebagai Bentuk Merdeka Belajar, pada Selasa (22/8/2023).

 

Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Gedung Venus, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) berkerja sama dengan Kepala Balai Guru Penggerak Provinsi Kaltim, Wiwik Setiawati dan guru-guru dari Kabupaten PPU dan Paser.

 

Dalam wawancaranya Hetifah didampingi Wiwik Setiawati menyampaikan mengenai keinginan diadakan pembelajaran bahasa daerah di Sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten PPU maupun Kabupaten Paser. Hal ini bertujuan untuk mempertahankan kebhinekaan kita sebagai warganegara Indonesia.

 

“Jadi Bu Wiwik itu punya satu ide menarik di tema ini, bagaimana kebhinekaan kita itu dipertahankan salah satunya ialah bahasa daerah. Tentu dengan masuknya budaya baru jangan sampai yang kita miliki terdegradasi atau bahkan punah,” ungkapnya.

 

Hal ini juga sejalan dengan keinginan beberapa daerah yang mau memiliki muatan lokal, namun masih terkendala pada guru-guru serta pengajar yang belum ada ataupun kurang.

 

Maka dengan itu dirinya sangat mendukung adanya program pembelajaran bahasa daerah disekolah-sekolah yang ada. Sebagai salah satu contoh ia mendukung adanya Kantor Bahasa Daerah yang berlokasi di Samarinda, Kalimantan Timur.

 

“Jadi itu tantangan sebenarnya. Jadi apa yang kita miliki itu dipertahankan ada berbagai bahasa daerah salah satunya bahasa Paser dan juga bahasa lainnya. Tapi sekarang juga sedang kita lakukan proses pelestarian dengan berbagai macam kegiatan,” tuturnya. (adl)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.