Bijak Ilhamdani Gelar Reses, Serap Aspirasi Warga Desa di Kecamatan Sepaku

by -45 Views

BERITAPENAJAM, – Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), kembali ke daerah pemilihannya (dapil) untuk melakukan serap aspirasi (reses).

Hal ini bertujuan guna menampung aspirasi masyarakat yang nantinya akan dijadikan pokok pikiran anggota DPRD dan disampaikan ke pemerintah daerah.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Bijak Ilhamdani menggelar serap aspirasi atau reses di Desa Tengin Baru, Kecamatan Sepaku.

Pada kegiatan reses ini, masyarakat lagi-lagi mengeluh soal pembangunan jalan di Desa Dusun II. Selain akses utama jalan, Diana merupakan perwakilan pengurus Kelompok Tani Sidomuncul, Desa setempat turut menyampaikan keluhannya mengenai jalan usaha tani yang tak kunjung rampung.

“Tiap-tiap kelompok tani yang mengusulkan tadi, mohon untuk diberikan kemudahan terutama jalannya, sekarang masih bisa karena kemarin tapi kalau musim hujan banyak yang sedih,” kata Diana.

Keluhan juga dating dari para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), yakni Siti Masroha yang merasa kesulitan untuk mengembangkan usahanya. Kini terkendala memenuhi persyaratan mulai dari Nomor Induk Berusaha (NIB), kemudian Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tanggah (SPP-IRT), hingga upaya untk memperoleh label halal.

“Terkendala di NIB, P-IRT dan halal. Kemarin sempat ada dari anak KKN membantu perizinan sampai KKN proses yang mungkin lama prosdur apa, ini mungkin terkait keluhan emak-emak juga,” ucapnya.

Menjawab beberapa pertanyaan, Bijak Ilhamdani mengaku telah turut berjuang untuk mampu, menambahkan daya dukung daripada Unit Pelaksana Teknis Pekerjaan Umum (UPT PU) di Kecamatan Sepaku.

“Sekarang ini kita sudah menambah anggaran di UPT PU pak, terkait BBM dan material sehingga kalau jalan usaha tani yang spot-spot bisa diajukan proposalnya segera,” ujar Bijak Ilhamdani.

“Bikin saja proposalnya nanti saya bantu disposisikan karena banyak ngantri proposalnya di UPT itu,” tambahnya.

Sedangkan mengenai persoalan UMKM yang dihadapi emak-emak di Desa Tengin Baru, Bijak Ilhamdani akan mempelajari terlebih dahulu prosedurnya dan turut berusaha untuk membantu.

 

Diketahui, politisi Demokrat ini melakukan reses di empat desa/kelurahan yaitu Bukit Raya, Tengin Baru, Karang Jinawi dan Kelurahan Sepaku  guna menjaring semua aspirasi masyarakat daerah tersebut.

“Nanti akan kami coba membantu terkait dengan syarat-syarat UMKM-nya,” pungkasnya. (adv)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.