Bendung Sungai Talake Dinilai Penting Bagi Untuk Petani

by -40 Views

BERITAPENAJAM-Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, menilai pembangunan bendung Sungai Talake yang terdapat di Kabupaten Paser sangatlah penting karena akan menjadi sumber air irigasi lahan persawahan para petani, khususnya di Kecamatan Babulu.

“Keberadaan bendung Sungai Talake ini sangat penting dan berpengaruh besar pada peningkatan hasil panen petani Kecamatan Babulu,” ujar Ketua Komisi II DPRD PPU Wakidi, Selasa (21/11/2023).

“Pada musim kemarau banyak lahan persawahan di wilayah Babulu kekeringan serta mengalami puso atau gagal panen sebab kekurangan air. Dan diharapkan dengan adanya bendungan itu bisa menyelesaikan permasalahan petani,” katanya.

Menurut dia, dari ribuan hektare lahan produktif di wilayah Kecamatan Babulu, hanya sekitar 200 hektare lahan pertanian yang terairi.

Kendala utama pertanian di wilayah Penajam Paser Utara adalah masalah pengairan, karena selama ini lahan persawahan mengandalkan air hujan atau sawah tadah hujan.

“Jika musim hujan lama, petani bisa tanam padi tiga kali setahun, sedangkan saat kemarau hanya bisa menanam sekali atau dua kali, bahkan sering gagal panen,” ucap Wakidi.

Bendung gerak Sungai Talake, menurut dia, menjadi satu-satunya solusi untuk bisa mengatasi kurangnya pasokan air untuk lahan persawahan sehingga hasil panen maksimal.

Sejak Kabupaten PPU terbentuk 18 tahun lalu, sampai sekarang para petani di daerah setempat masih terkendala sumber air untuk pengairan lahan persawahan.

Bahkan, upaya Pemerintah Kabupaten PPU untuk membangun sejumlah sarana dan prasarana irigasi juga tidak berfungsi maksimal, sebab sumber air yang ada tidak memadai.

Pemerintah Kabupaten PPU, kata Wakidi, harus aktif melakukan komunikasi dan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Paser serta Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur agar bendung gerak Sungai Talake segera dibangun.

“Kendala utama pertanian adalah masalah pengairan. Jadi, bendung Sungai Talake sangat dibutuhkan para petani sebagai sumber air irigasi, untuk petani kita” tutup Wakidi. (ADV)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.