Bekali Pelaku Usaha Kecil Menengah, DPMD Beri Pelatihan Kompetensi Bagi Pelaku UKM

by -106 Views

BERITAPENAJAM, – Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) terus berupaya untuk mendongkrak pendapatan masyarakat dalam sektor pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM), Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur sebagai pintu bagi para pelaku UKM memberikan bekal pelatihan kepada para pelaku usaha yang di daerah Benuo Taka.

Kepala DPMD Kabupaten Penajam Paser Utara Pang Irawan di Penajam, mengungkapkan pelatihan yang diberikan kepada para pelaku UKM tersebut agar dapat menciptakan nilai tambah pada produk, seperti miliki  sertifikasi produk termasuk halal untuk makanan, pemanfaatan sumber daya lokal, sehingga dapat menciptakan lapangan kerja baru.

Irawan menyebut pelatihan itu juga membekali para pelaku UKM agar mampu meningkatkan kompetensi kewirausahaan dan sumber daya manusia mereka. Hal ini tentunya akan berdampak kepada peningkatan produksi pelaku UKM.

Dari aspek pemasaran, pelatihan itu juga berisi langkah-langkah agar produk UKM Penajam dapat tembus ke luar daerah, bahkan ekspor.

 

” Misalnya produk makanan dan minuman dengan skala industri rumah tangga. Mereka harus melengkapi produk dengan sertifikat halal, kepemilikan hak cipta merek, dan regulasi lain,” katanya.

 

lanjut Irawan, juga melibatkan Dinas Kesehatan dan Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan (Kukmperindag) di kabupaten itu sebagai narasumber pelatihan kepada pelaku UKM.

 

Setelah pembekalan itu, Irawan mengharapkan pelaku UKM Penajam semakin termotivasi serta punya daya tawar menghadapi persaingan pasar.

 

“Tujuan akhir tentu kembali pada peningkatan pendapatan daerah, juga pendapatan masyarakat. Di sisi lain, kemajuan pelaku UKM juga berpotensi mendatangkan investasi,” tandasnya. (ADV)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.