Bank Sampah Induk Penajam Olah Sampah Organik Jadi Pupuk Kompos

by -17 Views

BERITAPENAJAM –  Bank Sampah Induk Benuo Taka yang berlokasi di Pasar Nenang, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) mengubah sampah organik yang mudah terurai menjadi sebuah pupuk kompos.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten PPU Tita Deritayati mengungkapkan saat ini bank sampah tersebut bisa mengelola pupuk kompos kurang lebih 300 kilogram per bulan, dan telah dipasarkan kepada SKPD yang ada di PPU.

“Untuk peran produksi Kompos ini kurang lebih 300 kilogram per bulannya, untuk pasarnya kita masih terbatas, baru dari lingkungan SKPD, kemudian juga kita promosikan melalui media sosial,” ungkapnya, Senin (23/1/2023)

Untuk alur pembuatan pupuk tersebut di Rumah Kompos Benuo Taka dilakukan dengan pengangkutan sampah – penimbangan sampah organik – pencacahan sampah organik – pengomposan – pengemasan kompos ke dalam kemasan.

Dikatakan juga harga satu kemasan kompos organik, seharga Rp20.000 per lima kilogram, Selain murah pupuk kompos tersebut juga telah di uji secara laboratorium.

Selain untuk memasarkan produk kompos dan mengurangi sampah organik tujuan lain Rumah Kompos Benuo Taka ialah mengedukasi masyarakat untuk lebih memilah sampah yang dapat didaur ulang.

Penulis: Adell

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.