Kwarcab PPU Melaksanakan Upacara Memperigati Hari Pramuka

by -312 Views

BERITAPENAJAM.Net-Kwartir Cabang (Kwarcab) Penajam Paser Utara (PPU) melaksanakan upacara memperingati Hari Pramuka ke-55 Tahun 2016 di halaman depan Dome PPU. dipimpin Bupati PPU Yusran Aspar,  selaku Majelis Pembimbing  cabang , Kegiatan di hadiri oleh Dandim 0913 PPU Letkol Czi Adi Suryanto Ketua DPRD PPU Nanang Ali, Wakil Ketua DPRD Sudirman juga ketua Kwartir Cabag PPU, Kakak Pembina, Penegak, Pandega, seluruh pelajar dari SD, SMP, SMA dan anggota kwartir cabang pramuka Kabupaten PPU.

Bupati yusran aspar menyampaikan “Selamat Hari Pramuka ke-55 bagi segenap jajaran dan keluarga besar Gerakan Pramuka di Kabupaten Penajam Paser Utara. Semoga gerakan Pramuka di Kabupaten Penajam Paser Utara akan semakin maju dan dapat memberikan kontribusi positif bagi pembangunan daerah”

Yusran melanjutkan “Seyogyanya, Hari Ulang Tahun Pramuka ini, kita peringati setiap tanggal 14 Agustus, namun meskipun baru kita peringati hari ini, saya berharap tidak mengurangi makna sesungguhnya dari tujuan dibentuknya gerakan Pramuka ini” Minggu 18/19

“Kepada seluruh jajaran pramuka utamannya anggota dewasa baik sebagai majelis pembimbing, andalan, pelatih, pembina, pamong saka maupun instruktur untuk merapatkan barisan berkerjasama secara sinergis untuk mempercepat mewujudkan kaum muda indonesia yang berkepribadian baik, berkarakter, berwatak, handal dalam berfikir dan bertindak serta memiliki jiwa bela negara,”ujarnya

Ia juga menambahkan gerakan pramuka yang kini berusia 55 tahun tentu tidak sama suasana dan kondisinya ketika dilahirkan, perlu rebranding pramuka baru yang diminati kaum muda, pramuka hendaknya dapat mengikuti perkembangan zaman dan tidak terkesan kuno dalam era komunikasi digital dewasa ini. Maka, pramuka harus dapat menangkap fenomena ini dalam era kebebasan berkomunikasi dan menbgungkapkan kondisi secara realtime dalam media sosial.

“Pramuka harus Keren, Gembira, Asyik dan menyenangkan,hal tersebut merupakan tantangan bagi pembina pramuka yang harus selalu kreatif dan berinovasi dalam membina peserta didik sehingga bangga menjadi pramuka,”tambahnya

Yusran juga mengajak kepada kakak-kakak anggota dewasa untuk lebih merapatkan barisan dan menyatukan gerak langkah percepatan dalam pembentukan karakter muda indonesia. Kepada para pimpinan kwartir daerah, kwartir cabang, kwartir ranting gerakan pramuka dan para pembina pramuka gugus depan di seluruh indonesia.

“Mari bersama-sama meningkatkan kualitas gugus depan sebagai wahana pendidikan karakter bangsa,”ajaknya.

Dalam rangkaian upacara tersebut yusran juga menyematkan lencana kepada 34 orang pembina terdiri dari 3 lencana Darma Bakti dan 31 lencana Panca warsa dan beberapa atraksi kesenian yang ditampilkan oleh beberapa saka.

Terpisah ketua Kwartir Cabang Pramuka PPU Sudirman “Kami sangat berharap kedepan kegiatan kepramukaan bisa lebih baik dan maksimal dikarenakan kegiatan dilaksanakan dibumi perkemahan kita sendiri” kita sudah menjadikan Benuo Taka yang kita cintai ini sebagai Kabupaten Pramuka. (Humasamn)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.