Tingkatkan Kesejahteraan Nelayan Pesisir, Syarifuddin HR Dorong Bantuan Mesin Kapal Nelayan di APBD 2024

by -99 Views

BERITAPENAJAM– Sebagai bentuk meningkatkan kesejahteraan kepada nelayan pesisir, Anggota DPRD Penajam Paser Utara (PPU), Syarifuddin HR akan mensupport bantuan mesin kapal dan alat tangkap ikan untuk nelayan di APBD 2024 mendatang.

 

Bantuan mesin kapal dan alat tangkap diperlukan nelayan untuk meningkatkan kemampuan produksi ikan tangkap.

 

“Pembahasan APBD 2024 ini, kami memperjuangkan bantuan mesin kapal dan lainnya untuk beberapa kelompok nelayan di daerah pesisir Kecamatan Penajam,” kata Syarifuddin, Jumat (10/11/2023).

 

Untuk saat ini pemerintah kabupaten hanya bisa mengalokasikan anggaran untuk bantuan pengadaan mesin kapal dan alat tangkap ikan. Lantaran, beberapa tahun terakhir ini, program pengadaan bantuan kapal nelayan tidak diperkenankan lagi. Sebab bahan yang digunakan dibawah di spesifikasi nelayan setempat.

 

 

“Pernah ada bantuan kapal nelayan dari pemerintah pusat, tetapi kondisi kapalnya dikeluhkan oleh nelayan. Karena, kapal kayu yang diberikan ke nelayan tidak berbahan kayu berkualitas sehingga kapalnya cepat rusak,” terangnya.

 

 

Syarifuddin berharap, selain program bantuan mesin kapal dan alat tangkap ikan, pemerintah daerah juga perlu memprogramkan pelatihan bagi nelayan untuk menyongsong Ibu Kota Nusantara (IKN).

 

Keterampilan melalui pelatihan budidaya terhadap nelayan perlu dilakukan agar nantinya para nelayan memiliki sumber penghasilan tambahan selain melaut.

 

“Para nelayan juga perlu dilatih untuk budidaya ikan di kolam terpal maupun budidaya ikan menggunakan keramba di daerah pesisir pantai,” terangnya.

 

Politikus Partai Demokrat ini menekankan, Dinas Perikanan PPU harus mempersiapkan ribuan nelayan yang ada di Benuo Taka untuk menangkap peluang terhadap peningkatan kesejahteraan.

Tentunya, kebutuhan konsumsi ikan akan terus mengalami peningkatan seiring dengan adanya rencana pemindahan ibu kota negara ke wilayah PPU.

 

“ Para nelayan kita harus meningkatkan daya produksi ikan tangkap maupun budidaya. Jangan sampai nantinya lebih banyak ikan dari luar daerah dipasok ke IKN,” tandasnya. (Adv)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.