14 Desa di PPU Bentuk Panitia Pilkades 

by -117 Views

BERITAPENAJAM– Sebanyak 14 desa di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) yang akan melaksanakan pemilihan kepala desa (Pilkades) telah membentuk panitianya.

 

Dari total 14 desa tersebut empat diantaranya masih belum menyerahkan SK pembentukan panitia Pilkades.

 

Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Basri menyampaikan pembetukan panitia desa dilakukan pada Jum’at lalu, serentak di seluruh 14 desa tersebut.

 

“Kemarin bertepatan tanggal 21 Juli hari Jum’at lalu, serentak mereka semua membentuk dan mengambil sumpah panitia Pilkades,” ujarnya Selasa (1/8/2023).

 

Dirinya menyebutkan setelah pembentukan panitia, tahapan yang dilakukan yakni pendataan kepada para pemilih di daerah masing-masing.

 

“Tahapan selanjutnya ini lagi pendataan, kami sudah kirim ke grup BPD untuk menyampaikan ke tim panitia pilkades untuk melakukan pendataan para pemilih,” ucapnya.

 

Adapun syarat-syarat pemilih yakni, warga setempat yang berdomisili miinimal enam bulan di tempat itu, dan warga masyarakat yang berusia telah 17 tahun.

 

Untuk panitia tiap desa disebutkan minimal 5 orang dan maksimal 9 orang tergantung dengan kemampuan keuangan di desa masing-masing.

 

Sedangkan untuk persiapan menjelang Pilkades akan ditanggung oleh pemerintah desa masing-masing.

 

“Sementara itu untuk surat suara dari Permendagri, nanti dicetak oleh Kecamatan. Kalau kebutuhan pelaksanaan hari H nanti ditanggung oleh desa, dan surat suara ditanggung oleh Kecamatan,” tuturnya.(ADV)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.